Menu makanan untuk bayi 6-12 bulan kesukaan Fabian


Fabian baru mengenal makanan padat tepat diusianya yang ke 6 bulan. Sebelumnya dia hanya minum asi eksklusif. Oleh karena itu, dia tidak terbiasa untuk mengigit dan mengunyah, sehingga agak sedikit sulit untuk menyuapi makannya. Alhasil, saya dan babysitter Fabian harus putar otak dan cari2 resep yang membuat Fabian semangat utk makan..

Makanan favorit no satu adalah Alpukat (Avocado). Walau sedang marah, dia tetap semangat melahap buah yang satu ini.. Pada awalnya, buah hanya dilumatkan sehingga potongan kecil2 dan langsung disantap. Tapi supaya lebih kenyang, resep yang pertama adalah dicampur dengan tepung beras (beras yang digiling sendiri) yang sudah dimasak dengan air putih sampai matang dan mengental. Karena sifat ASI yang akan rusak bila dipanaskan, dan bila tidak dalam keadaan panas tidak akan menyatu dengan tepung beras, maka saya memutuskan menggunakan beberapa sendok susu formula.

Bila sedang bosan, kadang tepung berasnya di ganti dengan tepung beras merah. Variasi lainnya adalah dengan keju yang dimasak bersamaan dengan tepung beras.

Makanan favorit yang kedua adalah sayur daging ayam dan brokoli. Sekitar usia 6 bulan, fabian mulai menu nasi dengan metode nasi tim saring. Biasanya saya memasaknya dengan slow cooker dengan campuran beras, 1 potong ayam kampung, wortel yang diserut, sedikit tomat yang sudah dikupas kulitnya, brokoli yang diambil pucuknya saja,air dan sedikit garam. Untuk memasaknya membutuhkan waktu sekitar 3 jam dan hasilnya nasi tim yang sangat lembek. kemudian disaring dan tambahkan keju lembaran (sepertiga lembar).

Beranjak keusia 7, frekuensi nasi tim saring ditambah menjadi 2 kali sehari. Kemudian setelah 10 bulan, nasi timnya sudah tidak disaring, tapi nasi dan sayur dimasak terpisah. Nasi dimasak dengan rice cooker dan sayur dimasak di atas kompor seperti biasa. Kemudian ketika dimakan nasi dicampur dengan kuahnya.

Menu favorit yang ketiga adalah makaroni dan keju. Menu ini menggantikan avocado untuk sarapan pagi, karena musim avocado sudah berlalu. makaroni direbus kemudian tambahkan brokoli atau bayam, atau dimasak bersamaan dengan wortel yang dipotong2 kecil. setelah lembek, ditiriskan dan tambahkan keju lembaran setengah.

About these ads

6 responses to “Menu makanan untuk bayi 6-12 bulan kesukaan Fabian

  1. thx ya mama fabian buat sharing pengalamannya. kebetulan anakku baru aja masuk usia 10bulan. Tp krn lagi tumbuh gigi, makannya jd agak susah. Aku jadi bingung mau gmn, trus kaya’nya kafka bosen dgn menu yg selama ini aku buat. So coba aku bikin menu baru dgn resep dr mama fabian.
    thx anyway mom….

  2. nice artikel. ijin saya download buat referensi.

  3. Thank’ ya mama fabian, anak q azka udah 9 bulan. Q bingung mau buatin menu apa lagi, maklum anak pertama jd belum tau betul menu2 yang pas bwat usia anak q.
    Nanti q coba deh menu nya mudah2 anak q suka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s