Penyakit Kaki Tangan Mulut (KTM) atau HMFD


HMFD (hand mouth and foot disease) atau yang lebih dikenal dengan istilah KTM (kaki tangan mulut) adalah penyakit yang sangat rawan menyerang anak dibawah 10 tahun, terutama bayi atau batita seperti fabian.

Saya pertama mendengar penyakit ini dari teman saya yang kebetulan anaknya terkena KTM ketika dia berumur sekitar 11 bulan. Pada saat itu, anaknya menolak untuk makan dan minum, dan akhirnya dia harus diopname dan diinfus. Yang lebih parah lagi, karena pembuluh darah pada anaknya tidak dapat ditemukan dengan mudah, dokter sampai harus membedah tangan untuk memasukkan jarum infus. Alhasil setelah anaknya sembuh dari penyakit KTM beratnya turun drastis.

Malam Kamis yang lalu, ketika saya menyusui Fabian dimalam hari, saya merasa badan Fabian agak hangat. Tapi setelah mencoba mengkonfirmasikan perasaan saya dengan suami dan suster, ternyata mereka tidak mendeteksi adanya kenaikan suhu. Tapi anehnya sekitar jam 2pagi, Fabian bangun dan menolak susu asi yang saya berikan. Dia merontak2 dan mulai menggigit puting bila ditawarkan untuk menyusu dan baru mau tidur kembali jam 4pagi.

Saya pikir keanehan ini karena hidungnya yang tersumbat karena pileknya. Tapi saya dikejutkan dengan telp dari suami saya yang mengatakan suster melihat adanya bintik-bintik merah ditelapak kaki Fabian dan tangan pada hari jumat siang. Saya mulai browsing dan mencari tau penyakit apa yang memiliki gejala seperti itu, sambil membuat janji dengan dokter Sanders. Kecurigaan pertama adalah campak jerman.. tapi bintik tersebut tidak diseluruh tubuh dan tidak ada di belakang kuping. Perawat yang ada dikantor mengatakan mungkin hanya gigitan serangga atau nyamuk..

Khawatir adanya penyakit yang aneh, saya langsung membawa Fabian ke dokter sanders di RS Brawijaya malam harinya. dokter langsung melihat mulut Fabian.. dan ternyata, ada bintik2 merah juga di kerongkongan dan langit-langit mulut fabian.. Plus tidak adanya demam tinggi, menguatkan analisa bahwa Fabian terkena KTM.

KTM ini disebabkan oleh virus dan biasanya dapat sembuh sendiri dalam waktu 5-7 hari. Ada beberapa tipe virus penyebab, tapi yang diidap Fabian tidak menimbulkan sakit lain, kecuali pada bagian mulut dan badan terasa tidak enak. Bintik2 merah tersebut mudah pecah bila berada di mulut, sehingga menimbulkan luka perih seperti sedang sariawan. Hal ini yang perlu diwaspadai, karena anak biasanya menjadi tidak mau makan dan minum. Bila dia sama sekali tidak dapat asupan energi, maka langkah yang harus diambil adalah infus :(

Dokter menghimbau bahwa besok, bintik-bintiknya akan bertambah banyak dan kemungkinan Fabian akan susah makan dan berat badannya akan turun.. Yang penting adalah terus usahakan agar ada makanan yang masuk, bila tidak mau, susu harus bisa masuk(ada proteinnya). kalau terdesak, bisa berikan teh manis (sumber kalori).

Obat yang diberikan adalah antivirus (Isoprinosine 250mg/5ml syrup), obat utk sariawannya (candistin) dan racikan untuk pileknya.

Ternyata benar, hari sabtu Fabian sama sekali tidak mau menyusu langsung. Tapi puji Tuhan dia masih mau makan dan minum susu dari gelas. Akhirnya, saya harus memerah asi terus menerus, kerewelan Fabian karena tidak bisa tidur tanpa menyusu dan ditambah perihnya luka di puting akibat gigitan Fabian menambah pening kepala.

Masalah hydrocele yang dialami Fabian belum juga berakhir, ditambah flu yang sudah seminggu tidak sembuh, lalu saya mendapat masalah baru.. It’s just like a ‘perfect storm’. I pray to God to give me great strength to go thru all of these…

19 responses to “Penyakit Kaki Tangan Mulut (KTM) atau HMFD

  1. thx bt blognya, sangat memberkati…ehm…penyakit sekarang aneh2….kasian bgt liat anak sakit, ga tega….tapi yach mo gimana lagi, yang pasti siap berjaga-jaga kalo anak lagi sakit. GBU

  2. Pingback: Penyakit Kaki tangan mulut menaklukan Fab untuk kedua kalinya « Cerita Mama Fabian

  3. Thanks banget mom atas critanya…coz 2 anakku lg kena penyakit ini. Rasanya bingung skali. Tapi dengan artikel Anda membantu saya to find the way out. skali lg thanks mom. Tuhan memberkati Anda n keluarga

    • Hai WRS,
      terima kasih untuk kunjungannya.. semoga anaknya cepat sembuh ya. Saya mengerti sekali rasa khawatir yang dirasakan..

      Senang sekali bisa membantu. Bila ada pertanyaan yang bisa saya jawab, silahkan diajukan..
      Terima kasih.

  4. Anakku 3 orang. Yg besar duluan kena KTM. Bintik di kaki dan tangan muncul berbarengan dengan demam. Hari ketiga, dia muntah dan panas tinggi, lemah dan maunya tidur terus. Ajaib, hari keempat, bangun pagi dia tampak segar dan lincah. Adiknya yg berumur 2 th kena juga beberapa hari setelah kakaknya. Adiknya satunya yg 3th ada sariawan dan 2 bintik air dikakinya tapi tidak sampai parah karena sudah antisipasi. Adiknya yg 2th cuma 3hari sakit dan hari ke 3 sudah minta susu dan lincah. Saya mau share saja. Slama anak2 sakit (dan 2 adik yg wkt itu blum sakit) setiap hari saya kasih Luo Han Guo, air parutan waluh (gambas/jepan), perasan daun waluh beureum, air tajin/bubur saring dicampur gula merah, stimuno, dan mereka minum air putih saya beri pocari, untuk obat saya hanya beri kandistatin dan paracetamol (biogesic anak). Mereka menolak tapi saya (maaf) cekok termasuk bubur saringnya pula demi kesembuhan. Puji Tuhan, mereka cepat skali sembuh. Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat.

  5. Pingback: HFMD di usia 11 bulan Arya « m-Blog

  6. anakku berumur 4bln, sewaktu aq bawa reyner (nama anakku) ke dokter mau imunisasi, tiba2 pas diperiksa di badannya terutama daerah perut dan dada terdapat bintik2 merah seperti biang keringat dan badannya agk anget alhasil imun di tunda dan reyner di berikan obat isoprinosine sirup dan dikatakan dokter reyner terkena virus.
    selain bintik merah diiringi badan nya agak anget, pup seperti ada biji2 cabe,dan agak rewel.
    apakah itu hal yg wajar???dan ada beberapa tmnnku bilang itu gejala anak mau pinter….trs isoprinosine itu obat apa yah??

  7. makasih atas blognya,,,
    saya mau nanya ini mom… apa mungkin penyakit ini bisa diderita oleh pria/wanita yg sudah berumur di atas 20 tahun..??
    karna saya mempunyai teman yg terkena penyakit dengan ciri-ciri yang sama……

    • Hai izma, maaf baru balas. Setahu saya penyskit ktm atau hfmd bisa diderita oleh org dewasa. Sepertinya tergantung daya tahan tubuhnya pada saat terexpose dgn virusnya

  8. anak saya berumur 3th, 6 bulan kena virus KTM juga… setiap mau makan nangis terus… berat badannya juga aku liat sepertinya menurun… bagai mana mengatasinya…??? saya ke dr hanya d beri antibiotik dan panurun panasnya. beserta bedak… apakah virus nya cepat hilang..??/ n bagai mana caranya supaya anak saya bs cepat sembuh..???

    • Hallo mama Daffa,
      Maaf ya saya baru sempat balas komentarnya. Saya inget banget bagaimana bingungnya sewaktu anak saya Fabian kena KTM. Pasti itu yang dirasakan mama Daffa.
      Setahu saya KTM itu disebabkan oleh virus. Jadi, antibiotik tidak berguna, karena hanya dapat membunuh bakteri bukan virus. Akan lebih tepat diberikan obat antivirus.

      Waktu itu, Fabian kita paksa untuk minum. Mungkin kalau makan terasa sakit sekali dikerongkongannya. Jadi lebih baik berikan susu atau teh manis supaya ada tenaga.

      Syukurnya Fabian bisa sembung KTM ini tidak lebih dari seminggu. Memang hasilnya adalah berat badan yang turun, tapi setelah sembuh, dia semangat lagi utk makan dan minum.

      Yang tabah ya mbak..

  9. Hii mom,
    Kemarin Manda(nama putriku) genap berusia 1 tahun, yg menyedihkan di hari ultahnya manda justru terserang KTM, awalnya saya kira ini adalah cacar. saya langsung membawa manda ke dokter, karena saat diperiksa manda menangis dan meminta untuk keluar ruangan, saya jadi tidak konsentrasi untuk konsultasi dengan dokter. Saya ambil resep dan langsung buru2 keluar ruangan( masih beranggapan bahwa manda terkena cacar)tapi setelah saya baca di blog ini saya baru sadar kalau manda terkena KTM. Pertanyaan saya karena selain timbul bintik2 merah diarea kaki tangan dan mulut pada sore harinnya disertai pilek. Apa boleh tuh saya beri obat pilek ( NIPE) karena pada resep dokter tidak diberi obat pilek.

  10. Hallo mbak Ririn,
    maaf ya baru bales komentarnya.
    Wah, pasti sedih banget ya, kena KTM di hari ulang tahun. Tapi sekarang sudah sembuh kan yah.

    Mungkin bisa diambil sisi positifnya, kalau sudah terkena sekali, maka anak akan lebih resisten terhadap penyakit ini. pengalaman saya, fabian memang pernah terkena 2 kali. tapi yang kedua tidak separah dan selama yang pertama. Mungkin karena tubuhnya sudah punya ketahanan terhadap virus ini.
    Hal ini dibuktikan lagi pada saat adiknya Fabian terkena KTM (dan 6 orang anak lainnya disekolahnya), Fabian tetap sehat.

    Oya mengenai obat pilek, setahu saya boleh saja diminum.

  11. Halo mbak…Nemu blog ini waktu browse soal KTM.
    Anak saya 8 bulan sepertinya juga terkena KTM, tapi alhamdulillah tangan dan kakinya tidak ditemukan banyak bintik merah. cuma di mulut dan bibir saja.. dan sedikit hangat badannya.
    Rasanya memang sedih sekali waktu anak sakit, apalagi 2 minggu sebelumnya dia juga barusan panas tinggi.
    Untungnya dia masih mau minum Asi, dan makan buah.

    • Hallo mbak,
      Salam kenal.. Memang bingung yah kalau anak lagi sakit..

      Thank you yah sudah mampir diblog ku
      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

  12. Hallo mbar. Anak saya Rakha USIA 19 bln, seeming yg lulu dia demam dan flu, ketika dibawa ke doktr dikasih antibiotic,obatdemam Dan boat pilek racikan. Seminggu stlh itu dia demam lagi Dan
    Senin paginya keliatan men ayang bintik2 merah disekitar tangan Dan kaki, awal ya dikira cacar, tp setelah dibawa ke dktr baru tau kalo itu KTM Dan dikasih boat antibiotic, penghilang gatal (CTM Dan cerini) Dan syrup peninggkat daya tahan. Sekarang jg sayakasih caladine cair. Yang mau saya tanya, berapa lama penyakit ini hrs diderita Dan apa tanda2 kalo udah mau sembuh, karen a skrg disekitar siku Dan lutut nya bintik2 merah dah menjadi bentol2dan kayak Nya ada air. Apakah ini pertanda dah mau sembuh, Dan apa boleh anak saya minum obat anti virus seperti yg disebut diatas, Dan apa Namanya. Thanks y…

    • Hallo salam kenal..
      Kebetulan anak kedua saya, Renata belum lama ini juga terkena KTM sampai 2kali. Jadi masih ingat banget peristiwanya.
      Yang pertama, proses penyembuhannya sekitar 1 minggu. Ditandai dengan demamnya mulai hilang dan bintik2nya seperti mengering/mengecil. Tidak merah merekah seperti sebelumnya.
      Dokter rena, yg juga dokter fab, sudah tidak menggunakan obat anti virus lagi. Jadi mungkin tidak perlu ya.
      Karena sebenarnya penyakit ini bisa disembuhkan tanpa obat, hanya saja efek samping dari bintik2 di dalam mulut, sangat perih dan menyebabkan anak tidak mau makan atau minum. Kebanyakan berkembang jadi dehidrasi.

      Yang kedua, waktu penyembuhannya lebih cepat, sekitar 4 hari. Mungkin karena tubuhnya sudah punya anti body nya. Walau secara teori, anak yg sudah terkena, tidak akan terkena lagi (mirip cacar) tapi ternyata masih bisa, tergantung dari daya tahan tubuh, dan tidak separah yg pertama.
      Tapi teorinya berlaku utk Fabian, karena dia selamat tidak tertular adiknya.
      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

  13. Thaks banget Mom, reply nya lumayan menenangkan hati. Kemaren pup Rakha mulai kayak diare gitu, meski frekuensinya ga terlalu rapat, namun pagi tadi saya liat bintik2 yang berisi airnya udah banyak yang mengering dan mudah2an aja itu pertanda udah mau sembuh ya Mom?
    Skali lg thanks banget info en blog nya…

Leave a Reply

