konsistensi itu penting


Kemarin aku melihat beberapa booklet dari AC nielson mengenai shopper trend 2007 & 2006. Ada beberapa hal yang menarik dari bagaimana cara mereka menampilkan data dan mencoba menjualnya.

1. mereka menggunakan format yang sama. ini bukan berarti dari segi tampilan, tapi dari penyampaian data, grafik, categori dan posisi. Aku dengan mudahnya membandingkan antara booklet tahun 2006 dengan 2007. 

nielson7.jpg  nielson6.jpg

2. mereka menggunakan grafik yang tidak terlalu fancy (tidak 3d atau ada efek tertentu) tapi konsisten dari halaman awal sampai akhir, untuk tahun 2005-orange, 2006-hijau, dst. Mudah untuk dicerna, tanpa perlu melihat legend

nielson1.jpg   nielson2.jpg

3. untuk produk baru, mereka menggunakan 2 lembar kertas untuk promosi. halaman pertama, ada penjelasan kenapa produk baru itu diperlukan oleh business, deskripsi singkat mengenai apakah produk itu, lalu key features, benefit dan 1buah gambar yang mendukung penjelasan. Halaman kedua, dia menggunakan case study (dengan judul yang menarik dan mudah dimengerti). Tapi bukan berarti mereka menjelaskan dari A sampai Z, hanya seperti 1 paragraf situation (masalah dan tujuan yang ingin dicapai) , Solution (kalimat mereka yang pertama : Using produk mereka, A able to… atau Produk mereka help A to … lalu step yang dilakukan secara kasar), dan yang terakhir feature yang digunakan dari produk mereka (dalam 1 atau 2 alenia saja). oya yang paling penting di bagian akhir, ditulis “For information, contact your Nielson representative at…. or visit our website at….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s