Pergeseran fungsi konsultan IT


Sejalan dengan berkembangnya dunia Teknologi Informasi, peran IT tidak hanya murni berupa desain applikasi, pembangunan applikasi (coding), database, hardware, pembanguan jaringan dan hal teknik lainnya. IT sudah menjadi bagian yang dapat menyumbang lebih terhadap perkembangan bisnis, bahkan dapat meningkatkan sales.

 Misal dalam business yang sama, bila yang satu didukung IT yang kuat, dapat berkembang lebih cepat bila dibandingkan dengan cara tradisional. Hal ini karena IT memungkinkan bisnis untuk mendapat informasi yang lebih cepat dan akurat dan akhirnya dapat membuat keputusan bisnis yang tepat pula.

Para sarjana teknik infomatika yang baru saja lulus, sudah mulai menggeser minatnya dari programming (coding) ke arah system/business analyst. Business analyst bisa dibilang adalah bagian yang mendesain sistem yang dibutuhkan oleh user. Secara umum jalur ini yang ditawarkan oleh konsultan IT. 

Didunia IT sendiri,  konsultan bermunculan seperti jamur dimusim hujan. Tapi ada seleksi yang membuat beberapa konsultan dapat bertahan, sedang yang lain tidak. Seperti yang konsultan ketahui, orang bisnis hanya tahu bagaimana cara ber-bisnis, tapi tidak tahu bagaimana dasar-dasar dan penerapan IT dan inilah yang mereka coba tawarkan. Tapi yang menarik adalah, cara melakukan bisnis dapat berubah total bila menggunakan teknologi yang berbeda.

Biasanya, konsultan akan bertanya fungi-fungsi apa yang butuhkan oleh orang bisnis, lalu dicocokan dengan solusi yang dipunyai. Bila ada beberapa hal yang tidak cocok, maka dengan senang hati, para konsultan akan melakukan “customation” dari applikasi yang mereka tawarkan agar sesuai dengan alur kerja kliennya. Tentu saja dengan bayaran “man days” yang cukup tinggi.

Kalau dilihat lebih dalam, sebenarnya ada potensi-potensi fungsi bisnis yang dapat ditingkatkan dengan merubah cara kerja bisnis yang sudah menjadi “kebiasaan” bertahun-tahun menjadi cara baru yang menggunakan bantuan IT.

Contoh kasus sederhana dalam bidang komunikasi: Biasanya jalur komunikasi antar karyawan baik dalam satu departement maupun  antar departement, biasa dilakukan dengan email atau surat/form. Sampai-sampai, sebagian besar waktu dari karyawan hanya habis dalam membaca dan membalas email, yang kadang juga bukan konsumsinya.

Bila orang bisnis ditanyakan apa yang mereka butuhkan, mungkin mereka akan menjawab “kami butuh email yang lebih terorganisir yang bisa dikategorikan sehingga dapat dibaca dengan cepat” atau “kami butuh applikasi yang dapat membuat form secara cepat  sehingga tidak perlu mengetik setiap kali perpindahan informasi dilakukan”.  Mereka akan meminta solusi yang mungkin hanya satu langkah didepan..

Padahal Portal intranet dan teknologi RSS yang dapat memfasilitasi komunikasi dalam suatu perusahaan dengan lebih baik karena informasi akan ditujukan kepada orang-orang yang tepat dan dalam waktu yang cepat pula. Konsultan harus mengerti benar masalah mereka dan memberikan  solusi yang tepat. Mungkin pada awalnya mereka akan mengatakan, kami tidak butuh ini.. tapi biarlah mereka mencobanya dahulu dan merasakan manfaatnya.

Sayangnya, kadang orang terlalu nyaman dengan cara yang lama. Sehingga mereka menolak atau memandang negatif terhadap perubahan yang ditawarkan oleh IT. Memang ada pula solusi IT yang membuat perubahan besar tapi malah membunuh bisnis itu sendiri. Tapi disinilah letak dari fungsi konsultan IT. Orang bisnis tidak tahu mengenai IT, sedangkan orang IT tidak tahu bisnis. Konsultan-lah yang seharusnya mengetahui keduanya. 

Maka dari itu tidak jarang dari kasus-kasus yang dianggap orang dapat diselesaikan dengan menggunakan applikasi baru, malah kadang hanya perlu merubah prosedur kerja mereka dan menggunakan teknologi yang sebenarnya sudah mereka miliki.

Inilah yang dimaksud dengan pergeseran fungsi konsultan IT.  Konsultan tidak hanya menguasai IT tapi juga business proses dan “best practices”.

38 responses to “Pergeseran fungsi konsultan IT

  1. sejauh mana keterlibatn konsultan IT dalam sebuah perusahaan bisnis online?

    Berapa gaji seorang konsultan atau bagaimna menentukan gaji seorang konsultan?

    terima kasih atas jawabannya

  2. Dear Saiful,

    Menurut saya, tidak terbatas dari jenis perusahaannya (bisnis online, manufaktur, retail, dll) , konsultan IT dapat memberikan kontribusi terhadap kemajuan bisnisnya. Akan tetapi, keterlibatan konsultan akan ditentukan oleh pengetahuan yang dimiliki oleh pemilik atau anggota perusahaan mengenai jenis teknologi yang dapat membantunya.
    Bila anggota perusahaan adalah kumpulan bisnis-man.. mungkin mereka membutuhkan konsultan untuk memikirkan bagaimana agar teknologi sejalan dengan strategi mereka, bukan malah mempersulit pekerjaan.

    Untuk masalah gaji, sepertinya sangat tergantung dari banyak hal, salah satunya adalah jenis teknologinya. Sama seperti bidang jasa lainnya, kualitas pekerjaan dan kepuasaan konsumen adalah hal yang sangat penting. Selain itu dari jam terbang juga pengaruh, konsultan yang sudah banyak melakukan implementasi teknologi akan mengetahui hal-hal yang menjadi rintangan dan solusinya, sehingga memperkecil resiko implementasi. Semakin bervariasi dan kompleks teknologi yang pernah ditangani, maka semakin tinggi rate konsultan tersebut..

    semoga menjawab..

  3. BPR merupakan tantangan yang paling berat, apalagi ketika client tidak tahu apa yang mereka butuhkan (ini parah).

    artikel yang bagus, salam kenal🙂

  4. Saya seorang mahasiswa Ilmu Komputer di sebuah perguruan tinggi neferi di Semarang. Saya sangat tertarik menjadi seorang konsultan IT. Tapi seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa orang bisnis kurang melek IT dan orang IT kurang melek bisnis. Menurut anda bgmn saya harus memulai langkah saya menjadi seorang konsultan IT??
    Untuk sekarang saya masih kuliah dan “tersesat” di dunia coding alias jadi programmer..

  5. Dear Full,
    Kalau dari pengamatan saya, dunia IT sebenarnya tidak hanya 1 macam saja, tapi berbagai bidang. Masing-masing memiliki masa depannya sendiri. Begitu juga didalam konsultan IT, yang saya bahas disini adalah yang lebih kearah applikasi. Ada yang spesialisasi di programmer, ada yang spesialisasi di business analyst/designer, ada yang lebih kearah management proyek.

    Jadi kalau anda menjadi programmer, bukan berarti anda memiliki peluang lebih kecil di dunia IT. Bila minat anda terletak di coding, maka perdalamlah disalah satu teknologi, entah itu komunikasi, atau middleware, atau ERP, atau custom application (bisa .net, java, dll), atau web (bisa ASP, php). Apapun pilihannya, pastikan adalah yang membuat anda tertantang dan yang disukai oleh anda.

    Semoga sedikit memberikah pencerahan..

  6. Saya bercita – cita ingin menjadi IT consultant meskipun saya masih mahasiswa perguruan tinggi negeri di depok…
    Langkah apa saja yang saya perlukan untuk menjadi modal awal menjadi IT consultant?
    Bagaimana cara menjadi konsultan IT yang maju dan berkembang serta mempunyai client yang loyal?
    Apakah harus mempunyai pengalaman bekerja di bidang IT consultant?
    Sebenarnya banyak sekali yang saya ingin tanyakan…
    terima kasih…

  7. Hai Daniel,
    sama seperti semua pekerjaan lainnya, bila anda ingin sukses, kunci pertama adalah bekerja sesuai passion anda. Bila dunia konsultan IT adalah dunia yang membuat anda bisa ‘enjoy’ dalam bekerja, maka jangan ragu untuk terjun ke dunia ini.
    Bila anda telah menemukan bidang spesifik yang sesuai dengan minat anda, teruslah perdalam ilmu di bidang tersebut.Jadilah ahli dibidang tersebut.
    Jangan lupa untuk membangun networking yang kuat. Buatlah relasi sebanyak mungkin. Ini sangat dibutuhkan untuk pekerjaan seperti konsultan.
    Kalau urusan client yang loyal, ini adalah hasil akhir yang akan muncul dengan sendirinya bila anda dapat bekerja dengan konsisten dan kualitas yang terbaik. Jadi berikan yang terbaik utk client, pupuklah rasa kepercayaan mereka terhadap kemampuan anda. Mereka pasti akan kembali kepada anda disaat masalah datang.
    Mungkin ini yang bisa saya share..
    Selamat berjuang Daniel.

  8. saya kul ti,dan mengambil konsentasi jaringan,,jadi langkah dasar pa yang harus saya ambil agar mimpi saya menjadi seorang konsultan terwujud????…terima kasih

    • Wah, ternyata banyak juga yah yang ingin jadi konsultan IT🙂
      langkah pertama adalah menguasai bidang yang anda minati, dalam hal ini sepertinya jaringan/networking. Mumpung masih kuliah, ambillah ilmu sebanyak-banyaknya, kalau bisa jangan hanya teori, tapi juga praktek. Sekarang, banyak perusahaan yang membuka lowongan untuk kerja praktek..dari ini, anda akan melihat It tidak hanya dari dunia teori, tapi nyata dilapangan.
      Walau optional, sertifikasi international sepertinya mempermudah anda dalam menjual ketrampilan anda, karena standar yang sama dipakai dimana-mana sehingga orang dapat dengan mudah mengetahui level ketrampilan anda dibidang tersebut.
      hal terakhir yang paling esensial adalah membangun network.. bertemanlah sebanyaknya ..

  9. tapi seandainya setelah slsai kul s1 ini,apakah saya harus melanjutkan pendidikan lagi untuk menekuni bidang konsultan tersebutt ?????

  10. saya menganggap pertanyaan anda adalah apakah perlu S2.. menurut saya, sangat tergantung dari minat anda sendiri. bila memang passionnya adalah menjadi konsultan, maka lebih cepat memulai, akan lebih baik. lain halnya dengan yang masih ingin melihat2 dan mencari passionnya, sepertinya meneruskan S2 adalah kesempatan untuk menambah ilmu dan koneksi yang baik.
    Jadi, kalau memang ingin terjun kedunia konsultan IT, mulailah sesegera mungkin. kalau memungkinkan, carilah kerja part time..

  11. saya ingin setelah selesai kul s1 ini,lngsung terjun ke dunia konsultan it tanpa harus melanjutkan kul s2,,inginya.tapi pertanyaan nya !!!apakah bisa,,dan apakah bisa menjadi konsultan secara ortodidak,,terima kasih sekali..mau jwab pertanyaan yang saya berikan,krena sya ingin sekali terjun pada bidang tersebut..

    • oh ternyata pertanyaannya lebih kearah apakah perlu pendidikan spesial/khusus untuk menjadi konsultan. Menurut saya, keahlian untuk menjadi konsultan tidak dapat diperoleh dari bangku sekolah atau kursus. Pengalaman adalah guru yang paling baik.
      Kalau seorang fresh graduate mulai karirnya di perusahaan konsultan, maka dia akan mulai dari level developer (alias yang langsung turun tangan dengan coding, atau turun kelapangan). Bila sudah punya pengalaman baru mulai dipercaya untuk mendesain solusi, dan baru kemudian dipercaya untuk memimpin proyek.
      Oleh karena itu, di komentar terakhir saya, saya menyarankan untuk memulai lebih awal.. kalau bisa sambil kuliah mulailah mencari part time jobs..
      Semoga membantu

  12. wah saya berterima kasih sekali …
    jawaban dari ibu sangat membantu saya,,semoga setelah mebaca jawaban ini..impian saya dapat terwujud…sekali lagi,,terima kasihhhh,,,sekarang saya sudah mendapat gambaran tujuan masa depan saya….

  13. memang untuk menekuni wirausaha dibidang IT tidak cukup hanya dengan kemampuan akademis/teknis bidangnya. kemampuan sosial dan relationship serta insting untuk mencari market juga sangat diperlukan

  14. bu,seandainya da peluang,bagusnya saya kerja part time pa ya
    ??
    makasihhh

  15. Wah, berpikir untuk kerja part time yah.. kalau ditanya pilih kerja yang mana, sepertinya bukan hal yang mudah dijawab.. karena mencari part time job sama seperti mencari pekerjaan, yang nota bene seperti mencari jodoh..

    Banyak hal yang menjadi faktor penentu. Hal pertama yang perlu diperhatikan untuk part time job adalah pembagian waktu, tenaga dan konsentrasi. It’s not an easy thing to do. Apalagi untuk mahasiswa. Jadi cobalah cari pekerjaan yang cukup fleksible dengan waktu kuliah anda.

    Bila niat anda dari part time job adalah mendapatkan ilmu, maka pilihlah yang memang sesuai dengan passion anda. Kalau bisa yang memang mengarah ke tujuan anda. Misal untuk fokus ke hardware, bisa dicari kerja part time di toko komputer yang merakit sendiri PCnya dan menerima service.. dari sana kita bisa mendapat pengalaman pemecahan masalah secara ril dan dari ahli di lapangan..

  16. Boleh juga pendapatnya, menurut saya tergantung skill level yang dimiliki oleh para lulusan IT. Business logic itu penting😀

  17. Saya bekerja di sebuah perusahaan kontraktor besar, dengan jam kerja wajib 1 hari seminggu. saya menangani maintenance komputer, server proxy, jaringan LAN dan WLAN. Apakah saya bisa di sebut Konsultan IT

    • Hai mas Asep, salam kenal..
      pertanyaannya sangat menarik.. sebenernya saya belum pernah memikirkan definisi konsultan IT. Kalau dilihat dari arti katanya, konsultan berarti orang yang memberi saran/konsultasi professional kepada client untuk suatu pekerjaan/tujuan tertentu. Tapi kalau dilihat dari sudut pandang yang lebih luas, semua pekerja IT sebenarnya dapat memberi saran kepada user di perusahaannya yang notabene tidak begitu mengerti mengenai IT.

      Jawaban untuk pertanyaan mas Asep, kembali ke peran yang diambil oleh mas Asep. Bila anda tidak hanya fokus untuk mengerjakan tanggung jawab yang terbatas pada prosedur, tapi berusaha untuk memperbaiki terus menerus sistem IT diperusahaannya sehingga memberikan saran kepada business user, berarti anda pun seorang konsultan IT

      Semoga menjawab ya…🙂

  18. bu..

    kalo mw ambil peminatan untuk ke arah consultan it harus networking ya..? haha…bingun

    • @ rido: yang maksud dengan “networking” itu apa yah? apakah networking dalam arti banyak kenalan yang bisa memberikan referensi?
      Sepertinya, tidak hanya konsultan IT yang memerlukan hal ini.. semua jenis pekerjaan membutuhkan ini. Semakin luas networking anda, semakin besar peluang anda untuk berhasil.. bukankah begitu?

  19. hmm.. enak x ya klo jago.
    tp masalah nya saya belom di trima di IT

    doaina aja di trima..ekwkwkw…

    tp klo belajar otodidak jg bs kan bu..

    emang nya klo Msk It cm Di tekan kan ke pemrograman doank ya? padahal kan banyak bgt bhs pemrograman..haha..

    maklum saya masih sekola jadi g ngerti

  20. terima kasih atas artikelnya,. saya mahasiswa Teknik Informatika yang sebentar lagi mau wisuda,.yang mau saya tanyakan syarat utama untuk menjadi konsultan It itu apa?dan apakah harus menguasai tentang komputer?
    saya berencana ingin membuka sebuah konsultan IT tapi saya akan mengajak beberapa teman sebagai tenaga ahli?bagaimana menurut anda?

    terima kasih.

    • @ Ruben: sama-sama Ruben..semoga memberikan sedikit pencerahan😉
      Kalau ditanya apa syarat utama untuk menjadi konsultan IT, saya akan memecah menjadi 2 kriteria, teknikal dan bisnis. Hal ini dikarenakan konsultan IT akan berada di antara 2 dunia, IT dan bisnis.

      Khusus yang teknikal, akan sangat bergantung pada spesialisasi IT yang diambil, bila area yang diminati adalah pembuatan custom application, sudah tentu memerlukan pengetahuan mengenai desain system architecture, database, coding, testing dll. Jadi arti teknikal disini meliputi pengetahuan di area IT yang mendukung agar jasa konsultasi dapat direalisasikan.

      Untuk jalur bisnis, dasar-dasar yang perlu dikuasai adalah teknik konsultasi (termasuk cara berkomunikasi dengan customer, menjual ide/presentasi, meyakinkan customer, analisa masalah, problem solving, membangun network). Selain itu perlu mengetahui dasar mengenai bisnis customer yang ditangani (termasuk pemetaan bisnis process, apa keuntungan yang didapat dari segi bisnis, kesulitan yang mungkin timbul dalam operational). Misal, antara customer yang small business dengan international business akan memiliki tantangan dan cara penanganan yang berbeda.

      Semoga cukup menjawab yah..dan good luck dengan usaha nya…

      Satu hal yang saya titipkan bila anda akan membuka usaha sendiri, fundamental yang tidak boleh terlupakan adalah kemampuan management dan leadership yang baik dari pendiri usaha. Sebaik/sepintar apapun di bidang specialist (IT, Bisnis, dll) tapi bila tidak didukung kemampuan me-manage resource (terutama HR), time dan kemampuan leader dalam membuat strategy jangka panjang, maka usaha itu tidak dapat bertahan lama..

  21. hi mama fabian, nice to know you,
    i’m glad that i found your blog, and read this article, it gave me more point of view to run the business. thanks.

  22. terdapat berapa fungsi seh darii IT???
    ,, dan jelaskan masing2 fungsi..

    • Hai Cecep…
      pertanyaannya seperti ujian sekolah ya. Jadi inget masa-masa kuliah, dimana pertanyaannya bertipe hapalan seperti ini.
      Kalau di dunia nyata, sepertinya tidak ada jawaban yang ideal utk pertanyaan ini. Semua tergantung dari kreatifitas penyedia jasa IT dan demand dari client. Tidak bisa dibatasi seperti teori disekolah.

      Apalagi sekarang internet sudah semakin meluas dan menjangkau semua kalangan. Fungsi IT yang dulu mungkin dibelakang layar bisnis, kini bisa bergerak ke depan layar. Sekarang IT bisa berkontribusi utk marketing juga. Cobalah tengok twitter, facebook, dan social media lainnya.. sekarang penuh dengan kegiatan marketing yang terselubung.

      Jadi berkreasilah.. banyak sekali fungsi yang dapat diberikan oleh IT.

  23. maaf, aku mau nanya untk menjadi IT konsultan skill apa saja yang di btuhkan..??
    makasih

  24. Bagus bgt artikelnya bro…. Saya lagi mencoba bergelut di bidang IT Consultant, sebelumnya 10 thn menjadi programmer. Saya mau nambah sharing sedikit tentang dunia IT, memang benar bahwa antara IT & bisnis selalu tidak sinkron dan utk itu dibutuhkan konsultan yang menjembatani antara IT & bisnis proses.

    Kebanyakan programmer kurang bisa menyelami dimana letak problem yg dialami perusahaan sehingga kecenderungannya adalah programmer selalu membuat software yang canggih utk memanjakan clientnya, padahal sebenarnya yg harus dibenahi adalah bisnis prosesnya bukan softwarenya.

    Menurut pengalaman saya, pendekatan IT akan selalu mendatangkan kerumitan di kemudian hari bila tidak disertai pendekatan solusi bisnisnya. Itulah kegunaan seorang Konsultan IT.

    Gaji seorang konsultan bervariatif sesuai level kesulitan & seberapa besar perusahaan yg ditangani. Sekitar 1.5jt – 5jt utk 4x pertemuan @3jam per bulan.

    Saran saya utk para junior/senior programmer: Kembangkanlah sense bisnis proses anda sehingga anda bisa menganalisa dimana problem perusahaan & solusi bisnis proses apa yg anda tawarkan utk memecahkannya. Software yg anda buat tidak harus super canggih utk menyelesaikan masalah, tapi software yg tepat guna utk solusi bisnis client anda.

    Salam sukses.

    • Thank you Jazz untuk sharingnya. Semoga dengan makin eratnya IT dan business, dapat membangun dunia bisnis di Indonesia. Pada akhirnya bisa bersaing dengan negara-negara berkembang lainnya.

  25. Senang sekali bisa menemukan blog ini. Informasinya sangat membantu. Kebetulan saya baru menemukan ‘passion’ saya yang ternyata selama ini sangat saya sukai, memberi rekomendasi kepada segenap rekan yg suka nanya2 soal IT kepada saya, khususnya teknologi Laptop dan mobile phone. semoga kedepannya saya bisa menjalankan full time sebagai seorang Konsultan TI. Thanks artikelnya🙂

  26. makasih atas infonya ttg IT consulting bu hen meski artikelnya dibuat 3thn lalu tp msh bermanfaat mpe skrg.
    yg mau saia tanyakan, (non teknis)
    msh ada bbrp kendala yg kami sdikit ragukan unt mjd seorang IT consultant, slh satunya adlh , apakah sbg seorang IT consultant itu “diwajibkan” unt tahu segala hal dlm bdng IT DAN ilmu bisnis ?
    kdua, mnurut ibu, krn pmindahan fungsi tadi apa perlu seorang sarjana melanjutkan kuliah S2 pd ilmu bisnis ?
    ktiga, apakah pekerjaan sbg IT konsultan itu dgolongkan sbg Wirausaha (krn ada bisnisnya) ?
    makasih atas responnya, and salam superb

  27. Menjadi seorang konsultan IT menurut pendapat pribadi saya hanya butuh lulus sarjana S1 saja (bisa Informatika / Ekonomi). Yg diperlukan sbnrnya adalah “jam terbang” bukan level pendidikannya. Biasanya kalau level pendidikannya udah tinggi misalkan S2 atau S3 malah udah ga menyentuh bidang praktisi tapi teoritis aja misal ngajar di kampus. Lebih berguna S1 dengan “jam terbang” yg tinggi daripada S2/S3 tanpa “jam terbang”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s