Imlek pertama Fabian


7 Februari 2008 adalah tahun baru imlek pertama untuk Fabian. Banyak pengalaman baru yang dia alami di hari ini, mulai dari memakai baju cina berwarna emas (lengkap dengan topi yang berkepang dibelakang) sampai bertemu dengan banyak muka-muka baru yang belum dia kenal tapi kerap kali menyodorkan amplop berwarna merah kepadanya.

Hari ini juga sangat berkesan buat mama dan papa Fab. Karena baru tahun ini, kita mulai memberikan angpao kepada keponakan dan semua kerabat cilik di keluarga. Ekspresi anak-anak yang menerima angpao yang kuberikan, begitu terkenang di ingatanku. Ada yang langsung lari malu setelah menerimanya, ada pula yang tersenyum sambil berkata “terima kasih”, atau berteriak “asik aku dapat angpao”, dan yang unik, beberapa anak malah menangis dan menolak menerima amplop merah yang tak dikenalnya. Mungkin mereka sedang kecapean karena sudah seharian diajak berkeliling oleh orang tuanya. I’m so happy to share with them..

Untuk Fabian, hari ini sangat melelahkan. Kegiatan dimulai dengan bangun dipagi hari dan bersiap2 untuk menyambut datangnya pho-pho dan kung-kung yang bersembahyang ke wihara dari subuh. Ketika mereka berdua datang, semua bergegas untuk menyambut dan memberikan ucapan “Gong Xi-Gong Xi”. Tak lupa, fabian juga mengenakan topi merah berbuntut kepang untuk memberi kesan imlek.

Setelah makan pagi, Fabian mulai didandani dengan baju khusus yang dibelikan pho-pho di glodok beberapa hari yang lalu. Dia terlihat begitu lucu, apalagi topi kupluk yang sangat unik, membuat wajahnya yang begitu polos, terlihat sangat menawan. Sudah selesai dengan perlengkapkan dan “spare” baju merah ditas, Fabian dan seluruh keluarga mulai rute kunjungan pertama ke pho-tai lalu 2 orang suk-poh-tai. Lalu dilanjutkan dengan pitstop dirumah untuk makan siang dan beristirahat sejenak.

Setelah perut Fab terisi penuh dengan nasi, sayur daging,tahu,buncis, gerombolan keluarga Fabian mengunjungi rumah pak-kung dan bertemu dengan Rayven dan Kakay yang baru berumur 4 tahun. Mereka berdua dengan kompaknya sedang bermain bersama. Fabian mencoba bergabung, tapi apa daya, Fabian belum bisa mengikuti kegiatan mereka yang sedang berlatih menulis dipapan. Akhirnya Fabian menemukan mainan yang dia sukai.. Mobil berwarna kuning yang dapat dia naiki. Dia terlihat begitu senang, walaupun sulit sekali untuk membuat mobil itu maju bukan mundur. Melihat keanehan itu, Fabian memutuskan untuk turun sendiri dari mobil dan melihat apakah ada yang rusak dari mobil tersebut, mulai dari bagian bawah, ban, mesin. “Ternyata tidak ada yang salah” kata Fabian dalam bahasa bayi.

Setengah jam kemudian Fabian pergi ke pesta tahun baru di rumah Qiu-kung dan bertemu semua saudara pho-pho. Fabian menerima banyak sekali angpao disini. Ada yang berbentuk lucu dan unik. Tak lupa foto-foto dengan anak lainnya. Sampai akhirnya dia kelelahan dan tertidur lelap salah satu kamar selama setengah jam.

Sepulang dari sana, fabian mandi dan bermain bersama mama dan papa. Walaupun mama mencoba menidurkan Fab, sepertinya dia terlalu banyak berinteraksi hari ini dan menjadi “overstimulated”. Perjalanan belum berakhir, karena Fabian langsung berangkat menuju rumah ema dan engkong. Di mobil akhirnya Fabian mengaku kalah dan tertidur sampai rumah ema. Setelah bermain sebentar dengan ema, Fabian langsung pulang untuk perjalanan selanjutnya.

Saking padatnya jadwal fab hari ini, makan malam Fab harus disantap dirumak apak yang sangat besar. Dirumah ini, Fabian bebas merangkak.. tidak seperti di apartemen yang kecil, dimana setiap beberapa detik, dia harus mengganti haluan dan berbalik arah. Fabian begitu senang dengan tikus-tikusan berwarna emas yang didapatnya dari kukuh. Beberapa lamanya dia bermain dengannya dan merangkak untuk mengejarnya.

Jam menunjukan jam 9. Fabian terlihat sangat lelah. Akhirnya hari ini ditutup dengan mimi susu sambil tidur dimobil. Setelah berganti baju merahnya, Fabian terttidur pulas diranjang. Begitu banyak pengalaman baru untuk Fabian hari ini. Semoga dia ingat dengan perayaan imlek pertamanya.

  

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s