Fabian First Solid food


Salah satu milestone yang paling diingat dari sekian banyak perkembangan fabian yang pesat adalah saat pertama fabian mencoba makanan padat. Setelah 6 bulan penuh Fabian hanya memperoleh makanan dari ASI mama (ASI eksklusif istilahnya), tiba saatnya untuk mencoba makanan padat pertama.

Mau tau apa makanan pertama Fabian? berapa lama sesi makan ini berlangsung atau reaksinya ketika sendok masuk kedalam mulutnya yang mungil?

Sebagai ibu yang fanatik dengan ASI ekslusif, saya tidak ingin memberi makan terlalu cepat kepada Fabian. Walaupun fabian sempat mengalami nursing strike, saya tetap berusaha untuk mempertahankan asi dengan beberapa kiat yang saya tulis dipost ini

Jenis makanan pun telah dipelajari terlebih dahulu. Berdasarkan beberapa sumber termasuk internet, majalah, ibu yang lain dan tentunya mama dan mama mertua.. pilihan jatuh pada biskuit+ASI. Biskuit yang dipilih adalah biskuit milna original yang menurut babysitter Fabian adalah jenis yang sukai oleh para bayi lainnya. Kekentalan bubur susu pun sangat cair (lebih banyak ASI dari pada biskuit yang hanya 1/4 keping).

Suapan pertama, wajah Fabian sangat lucu, seperti dia tidak mengerti mengapa mama memasukkan benda asing kedalam mulutnya. dia berusaha untuk mendorong keluar makanannya. Selanjutnya, sendok kedua cukup sulit untuk masuk kedalam mulutnya..rupanya bayi 6 bulan ini telah belajar dari pengalaman.. tapi dengan perjuangan dan sekitar 25 menit berlalu, saya memutuskan untuk menghentikan percobaan ini… mungkin harus secara bertahap.

Dari sini Fabian diberi makanan padat yang bertahap.. mulai dari bubur susu 1/4 keping di pagi (jam 10) selama 3 hari, kemudian ditambahkan dengan pisang siam yang dikerok pada sore hari (jam 4) selama 3 hari.. kemudian meningkat menjadi biskuit 2 kali yaitu jam 10 dan jam 2 siang. lalu jumlahnya ditambah menjadi 1/2 keping. Lalu dicoba jenis lain, seperti tepung beras, kacang hijau yang digiling dengan asi tentunya..dan akhirnya nasi tim saring.. lengkap dgn kaldu ayam kampung, tomat, wortel, buncis, hati dan keju..

Saya memilih untuk memberikan makanan padat secara bertahap kepada Fabian..dan tidak memaksakan makanan..alhasil berat badannya yang pertama dibilang overweight oleh dokter menjadi tidak bertambah secara signifikan. biasanya dia bisa bertambah dari 1 kg per bulan, turun drastis menjadi 100 gr saja dalam satu bulan sampai dia berusia 10 bulan.

Tapi sekarang dia sudah mulai makan nasi tim 2kali dan makan pagi avocado dengan tepung beras dan ASI tentunya. Baru diumurnya yang ke 10 bulan, mama mengenalkan susu formula sebagai campuran dari bubur beras .. Berat badannya pun sudah kembali menaik.. terakhir periksa dia sudah naik 500gr dalam 1 bulan.. Thanks God..

Tips untuk ibu yang milih ASI eksklusif 6 bulan.. tetaplah bersabar kalau anak menjadi tidak mau makan.. karena ASI adalah makanan yang paling penting untuk pertumbuhan bayi untuk 6 bulan pertamannya. Untuk kebiasaaan makan, bisa kita bangun setelah 6 bulan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s