pertanyaan seputar diare ke dr Sander


Minggu ini, Fabian terkena diare. Ketika ke dokter yang kedua kalinya, pertanyaan saya menjadi banyak.. inilah detail pertanyaan seputar diare Fabian yang dijawab oleh dr Sander:

 1. apakah mungkin karena makanan yang fabian konsumsi?
jawab : mungkin saja, tapi ini agak sulit di trace, sama seperti air dari pegunungan dan kita hanya tau setelah sampai bukit. jadi kita tidak tau apa yang terjadi diatas, seperti yang terjadi didalam sel tubuh fabian. Yang paling mungkin adalah kita memeriksa kotoran fabian dan melihat apakah ada kuman, atau ada karbohidrat, protein dsb.

2. kalau ada karbohidrat, apa artinya?
Jawab: kemungkinan dia tidak dapat mencerna karbohidrat dengan baik, artinya dia dianjurkan minum susu rendah laktosa. Tapi berhubung fabian hanya mendapat asi yang notabene high lactose, berarti sama seperti sewaktu dia masih 1-3 bulan dimana bab bisa sampai lebih dari 10 kali sehari, tapi tidak berarti ada penyakit.

3. apakah karena mama beberapa hari ini minum obat flu Rhinos SR dan ada bahan yang diteruskan melalui asi?
Jawab: setelah memeriksa buku obat, dr Sander mengatakan, oh obat itu tidak apa2.

4. lalu kalau diarenya tidak berhenti, pantatnya semakin merah, sampai dia terlihat trauma kalau mau dibersihkan pantatnya.
Jawab: oh kalau itu berikan saja MecoZ cream 2 kali sehari.

5. Apakah ada makanan yang tidak cocok untuk fabian? apa ada yang harus atau malah tidak boleh dimakan?
Jawab: bisa saja, tapi sulit untuk dipastikan juga. Biasanya makan jus apel dan jeruk membantu mengurangi diare nya. Tapi entah kenapa ini tidak berhasil untuk Fabian. Jadi dia boleh kok makan apa saja.

6. kalau dia makan, kadang tidak suka dikunyah dulu, langsung di telan. Mungkin karena giginya baru saja 4 dan didepan semua?
Jawab: sepertinya bukan, tidak mengapa dia tidak punya gigi geraham, karena gusinya pun keras, sehingga dapat berfungsi sebagai gigi. Nanti lama-lama juga dia akan mulai mengunyah.

7.dibulan januari, fabian diperiksa lab untuk melihat anti Hepatitisnya, ternyata ditemukan bahwa hbnya rendah (9,7 yang seharusnya 12). apakah anemia ini harus diobati?
Jawab: oh itu tidak apa-apa, banyak makan daging saja, atau kaldu daging.

8. Oh ya kok diare fab, hanya terjadi di siang hari? kalau malam dia tidur seperti biasa.
Jawab: iya sepertinya diare fabian bukan penyakit. kalau orang jawa bilang, ada yang namanya “indah”. Anak yang mau mendapatkan ketrampilan baru, terserang diare atau demam. mungkin ini yang terjadi dengan fabian

9. Apakah fabian juga pilek? kadang suka ada ingus dihidungnya, tapi kemudian, setelah dibersihkan, tidak keluar lagi.
Jawab: oh tidak, mungkin hanya cuaca saja.

2 responses to “pertanyaan seputar diare ke dr Sander

  1. aduh … aku juga skg lagi ngalamin hal yg sama nih … anakku diare udah 3 hr, bingung mau gimana?! maklum aku tinggal di montreal, disini susah mau ketemu dokter kudu buat appointment dan baru bisa ketemu ntar bulan depan … uuh sakitnya skg tp ke dokternya bln dpn ..gak banget!!
    aku tanya ke suster melalui telp, ktnya kurangi segala sesuatu yg mengandung susu .. tp anakku makanan utamanya susu walaupun dia udah 16 bln skg. hmmm bingung deh .. mana pantat dan sekitarnya merah dan agak bengkak krn diare terus, aku obatin pake penaten doang ..
    waahh .. kesiaaaaan dehh diaaa ..

  2. Thank u so much. Your sharing has been a great help for me and my baby. God bless you! Love from baby seth..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s