Pengaruh Program TV, VCD pendidikan terhadap bayi


“Apakah VCD (yang berisi pendidikan bayi) atau program TV khusus bayi memberikan manfaat yang lebih baik dan memberikan bekal yang lebih banyak terhadap anak dimasa serba digital ini?” Inilah pertanyaan yang ada dikepalaku melihat begitu banyak program dan VCD yang meng-klaim pendidikan yang baik perkembangan otak bayi.

Selama ini, Fabian belum terekspose terhadap TV atau alat digital lainnya. Saya yang setia menonton TV selama berada dirumah (kadang 8-12jam sehari), menghentikan kebiasaan ini sama sekali ketika Fabian lahir. Concern pertamanya adalah takut kalau saya nonton, anak saya juga menonton, atau malah terganggu dengan suaranya.

Sekarang Fabian sudah hampir satu tahun, saya berpikir, apakah pendidikan melalui TV,VCD atau applikasi interactive lainnya memang sudah harus diperkenalkan kepadanya. Tapi hasil baca dari berbagai sumber mengatakan bahwa menonton TV, VCD atau kegiatan anak melalui software TIDAK DIANJURKAN untuk bayi dibawah 2 tahun.

Dimasa 0-2 tahun adalah masa perkembangan emas dari bayi baik fisik, otak dan emosi. Untuk itu dia memerlukan rangsangan yang komplit. Sedangkan TV hanya memberikan rangsangan terhadap mata dan telinga. Bayi tidak bisa memegang, merasakan, menggerakan badannya untuk meraih dan melihat akibat dari apa yang dia lakukan secara langsung. Selain itu TV memberikan perubahan gambar yang sangat cepat, dan bila anak terus menerus menonton TV, durasi konsentrasinya akan memendek, atau yang dibilang 2minutes concentration.

Untuk anak diatas 2 tahun, bisa mulai diperkenalkan dengan TV, tapi dengan berbagai ketentuan tentunya. Pertama, batasi waktu menonton sampai 1 jam perhari. Terlalu lama menonton TV mendorong kebiasaan untuk mengemil dan akhirnya menimbukan obesitas.

Kedua, pilih program yang akan ditonton. Beberapa station TV telah mencantumkan kode yang menunjukkan kategory dari suatu program. Sudah tentu hindari kategory adult, atau bimbingan orang tua dan pilih yang cocok untuk anak (segala umur) dan yang mendidik/memiliki nilai pendidikan yang mau disampaikan. Tidak hanya kemampuan logis, tapi juga social dan emotional skill.

Ketiga, cari informasi mengenai program TV dari berbagai sumber. Jangan biasakan mencari program TV seperti yang biasa kita lakukan, mengganti channel dengan remote ditangan. Ketahuilah dulu program yang akan ditonton, apa isinya, jam berapa tayangnya

Terakhir, temanin anak ketika menonton atau bermain dikomputer. Dengan demikian, anak akan mendapat arahan yang jelas dan tidak merasa ditinggalkan oleh orang tua. Ada yang mengatakan bahwa dengan cara ini, akan lebih mudah berkomunikasi dengan anak dimasa depan, karena mereka sudah terbiasa berdiskusi dengan orang tua.

Yah memang semua yang saya tulis disini adalah teori.. dan dalam pelaksanaanya akan sulit. Tapi tidak ada salahnya kalau mulai dari bayi, kita biasakan kebiasaan ini. Saya yakin semakin banyak orang tua yang mengetahui ini, maka semakin baik pula pendidikan anak kita. Bagaimana menurut anda?

3 responses to “Pengaruh Program TV, VCD pendidikan terhadap bayi

  1. Semua artikel berita di blog ini menarik dan bagus-bagus. Anda bisa lebih mempopulerkan artikel anda di infoGue.com agar lebih bermanfaat bagi pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/pendidikan/pengaruh_program_tv_vcd_pendidikan_terhadap_bayi/

  2. Thx ya..saya sering baca artikel2 nya..menarik..banyak masukkan buat saya (ibu baru dengan anak berumur 1 tahun)

    • Hallo mbak Eka,
      sama-sama mbak. Saya sendiri juga sering mendapat masukkan dari blog-blog ibu lainnya. Maklum, ibu baru.. jadi banyak yang baru dipelajari.. jadi senang sekali bisa berbagi dgn yang lain..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s