Anak bisa berjalan, artinya…


Pertama adalah Dunia baru untuk si kecil!! Dia tidak mau lagi hanya diam disatu tempat untuk beberapa menit saja. Untuknya kemampuan yang baru ini sangat menyenangkan, dan dia ingin sekali meng-eksplorasi keindahan dunia dari sudut pandang yang berbeda. Untuk Fabian, hal ini sangat terlihat jelas dari ekspresi wajahnya.. dia sangat senang sekali dapat menentukan kemana dia akan berjalan dan bermain bersama keluarganya..

Kedua.. ini berarti adalah salah satu penyataan bahwa anak sudah memiliki kehendak sendiri.. Dia tidak mau lagi hanya diam ketika digendong oleh orang tuanya. Bila ia tertarik akan sesuatu, dan yang menggendong tidak mau menuruti arah tersebut, maka dia akan berontak, meminta untuk diturunkan dan mulai berjalan kearah yang dia suka..

Ketiga.. tingginya kebutuhan pengawasan anak … tentu saja akan yang sudah bisa “mobile” akan lebih sulit untuk dijaga.. kalau dulu, bila ditaruh di crib/ranjang bayi, kita bisa saja meninggalkannya untuk beberapa saat.. Tapi sekarang, sebentar saja lengah, kepalanya atau anggota bagian tubuh yang lain bisa terantuk sudut ranjang atau kayu2 disekitarnya..

Keempat, berkurangnya waktu tidur .. Walau waktu dia tidur adalah waktu santai orang tua, tapi sejalan dengan keahlian barunya, anak merasa tidak rela kalau harus melewatkan kesempatan untuk bermain dan berjalan-jalan.. Akhirnya tidur siang pun kadang-kadang dilewatkannya karena dia tidak mengantuk.. Dan semakin sulit untuk membuat dia tertidur.. apalagi saya terbiasa meninabobokan dengan mimi susu ASI.. kalau dia tidak mau tidur, dia akan menggigit saya..Hua!! sakit banget!

Kelima, mulai mengenal kata benjol.. semenjak Fabian bisa berjalan (2 bulan lalu) dia sudah mengalami lebih dari 20 kali jatuh. 12 kali diantaranya mengenai kepala tepat dibagian dahinya. Hampir setiap minggu tempat tersebut menjadi korban jatuh. Setelah benjol mengecil, biasanya dia terjatuh kembali.. sehingga terlihat seperti pemain film startrek..

Keenam adalah peningkatan stress pada orang tua!! ini lah yang saya alami belakangan ini, waktu terasa sangat sedikit (yang membuat posting saya semakin sedikit pula :(). Pertama kalau dia tidak diikuti keinginannya, fabian akan menjerit-jerit dan membanting2kan badannya.. alhasil saya harus menenangkannya.. lalu bila dia terlalu excited, dia mulai berlari, full alert!! karena resiko jatuh lebih tinggi, lalu bila sudah jatuh, saya harus memeriksa apa ada luka..

Wah begini neh jadinya kalau jadi ibu baru..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s