Cerita konsultasi dokter ttg hydrocele-part1


Jumat kemarin, suster fabian bertanya kepada saya, mengapa scrotum fabian yang sebelah kanan terlihat besar sekali.. apakah ada masalah? mungkin sebaiknya diperiksa didokter..

Kebetulan hari Sabtu (31May 08), dokter Sanders praktik di RS Brawijaya jam 14-16. Tapi setelah menelpon admission RS Brawijaya, Fabian mendapat bagian jam 15.50..

Setelah diperiksa, dokter Sanders mengatakan bahwa kemungkinan besar benjolan di scrotum fabian berisi air (karena ketika disinari dengan senter, benjolannya tembus pandang). Tapi ada kemungkinan juga hernia, yang artinya ada bagian dari usus yang masuk ke dalam scrotum.

Untuk memastikan, dokter sanders menyarankan pemeriksaan yang cukup aman untuk bayi, yaitu USG. Karena sudah sore, Fabian langsung dibuatkan janji untuk USG di RSPI pada hari senin dgn dr Aji (rekomendasi dari dr Sanders).

Saya menanyakan juga apa yang harus dilakukan untuk kedua kasus diatas. Bila memang air, bisa disedot airnya, tapi mungkin bisa kembali lagi. Alternatif lainnya adalah dengan operasi untuk menutup lubang antara rongga perut dan scrotum, sehingga air tidak bisa kembali. Bila ternyata hernia, maka harus segera di operasi, karena berarti lubangnya cukup besar untuk masuk usus, dan dalam keadaan tertentu, usus yang masuk bisa terlilit.

Dokter Sanders menuliskan surat untuk periksa USG dan dengan baiknya mengatakan, bila sudah ada hasilnya bisa telp saja kesaya (saya cukup heran, karena dokter lain pasti akan meminta untuk periksa kembali).

9 responses to “Cerita konsultasi dokter ttg hydrocele-part1

  1. thanks buat sharingnya saya ingin mengetahui nya lebih banyak karena anak saya pun mengalami hal yang sama

  2. thanx informasinya karena anak saya juga mengalami hal yang sama tapi baru 3 hari itu terjadi umurnya 1 taun 3 bulan

  3. hallo …. saya mau tanya, anak saya umur 2 tahun dan kata dokter terkena hidrocele. apakah hidrocele kalau dibiarkan nantinya akan menimbulkan masalah pada perkembangan organ intim laki-laki? dan pada usia berapa hal tersebut perkiraan akan terjadi.

    • Dear Andre,
      salam kenal.. menurut saya kasusnya bisa berbeda-beda. kalau menurut dokter anak saya, kasus pada anak saya tidak mengganggu pada perkembangan organ intim karena ukurannya tidak besar. Tapi lebih ke kenyamanan dan bila lubang membesar, bisa menjadi potensi hernia.

      Mungkin lbh baik minta second opinion dari dokter lain.
      Thank you ya sudah mampir

  4. besarnya hydrocele pada umumnya sebesar apa ya…

    • Hallo Andre,
      kalau waktu fabian, besar kurang lebih berdiameter 0,5 s/d 1cm. Kadang sempat mengecil, tapi kemudian membesar kembali.

  5. Anak saya skrg umur 15 mnggu, sjak lahir sudah kena hidrokel stlh dokter priksa. Saya mo tanya kok besar hidrokel anak saya 2x lbh besar dr telur ayam. Saya sngat bingung apalg anak saya yg prtama

  6. Mohon bantuan n pnjelasannya ya

Leave a Reply

