Cerita konsultasi dokter ttg hydrocele-part4


Thursday, June 05, 2008
Hal pertama yang terlintas setelah melakukan konsultasi dengan dr Darmawan adalah mendapatkan second opinion ke dokter lain. Berdasarkan anjuran dari dokter Sanders, saya membuat janji dengan dr Alexandra di RS Brawijaya. Dokter ini biasaya praktik di RS harapan kita.

Kesan pertama ketika bertemu dengan dokter Alexandra adalah santai dan ramah. Dokter ini berbeda jauh dengan dokter darmawan yang sama sekali tidak mau berkomunikasi dengan Fabian. Beberapa kali dia mengajak tos dan menggoda Fabian dengan menggetarkan tangan Fabian agar dia tersenyum.

Mungkin karena dokter sengaja ke RS Brawijaya untuk memenuhi janji dengan saya, maka saya dapat berkonsultasi cukup lama, sekitar 25 menit.

Hal pertama yang dilakukan dokter Alexandra setelah melihat hasil usg adalah meminta lampu senter. Dia langsung menerawang scrotum Fabian dan meng-konfirmasi bahwa benjolan yang ada di scrotum kanan Fabian berisi air.

Lalu dia menjelaskan dengan perlahan apa itu Hydrocele. Pada saat bayi dalam kandungan ibu, testisnya dibentuk di perut. Sekitar dibulan ke 7, testis turun ke scrotum dan sebelum lahir, saluran menuju scrotum sudah tertutup dengan rapat. pada beberapa bayi, saluran ini tidak tertutup.

Ada 2 kasus untuk kondisli lubang tidak tertutup. Pertama bila lubangnya besar, maka usus dapat masuk kedalam scrotum,ini disebut Hernia. Untuk kasus ini, harus segera dioperasi karena takut ususnya melilit dan menimbulkan kelainan dalam pencernaan.

Kedua bila lubangnya kecil, sehingga hanya air yang dapat turun (air disini adalah air di rongga perut yang mencegah usus menempel satu sama lain, bukan air dari dalam usus)– ini disebut hydrocele.

Untuk anak dibawah satu tahun yang menunjukkan gejala ini, akan dilakukan tindakan wait and see dan ditunggu sampai umur 1.5-2tahun. Bila ternyata lubangnya dapat tertutup sendiri, berarti tidak perlu tindakan sama sekali. Tapi bila ternyata masih ada setelah anak berumur 2 thhun, maka kemungkinan untuk menutup sendiri sangat kecil atau hampir tidak mungkin, maka harus dioperasi utk menutup lubangnya.

Lalu apakah tindakan untuk menunggu ini dapat mempengaruhi pertumbuhan testis? Bila terlalu lama iya, tapi bila sampai 2 tahun, tidak terlalu berpengaruh.

Apa yang dapat saya lakukan untuk memperkecil lubangnya selama masa wait and see ini? Tidak ada, hanya jangan dipijat, karena lubang yang dipijat tidak akan tambah kecil, malah menjadi pipih dan kemungkinan untuk masuk usus malah lebih besar. Pijat disini adalah pijat dibagian bawah perut (bukan di scrotum)

Lalu apakah bila Fabian suka mengangkat yang berat2 dapat memperbesar lubang? atau hal apa saja yang harus dilarang dari Fabian?
Kalau kasusnya hernia, memang benar tidak boleh mengangkat yang berat. Tapi untuk kasus hydrocele, tidak apa-apa. Jadi tidak ada yang perlu dilarang, biarkan berjalan seperti biasa.

lalu, apakah Fabian merasakan sakit karena keberadaan hydrocele ini? Tidak, tidak ada rasa sakit, mungkin hanya sedikit mengganggu karena ukurannya yang besar.

Untuk sunat, apakah perlu?
setelah Fabian diperiksa, dokter juga mengkonfirmasi bahwa lubang kencing Fabian kecil. Dan bila jadi dioperasi, maka dokter biasanya akan menawarkan untuk disunat juga. “Sekalian sakitnya”.

Kalau dioperasi maka apakah akan langsung kering atau bagaimana?
Biasanya hari pertama akan diberi salep waterproof, sehingga tidak terkena air. Jangan menggunakan pampers, sehingga bila dia pipis maka bisa langsung diganti celananya. Toh pipisnya kedepan, bukan kebagian yang dioperasi. Lalu dalam waktu 5 hari akan kering. Biasanya anak akan rewel sekali dalam waktu 24 jam pertama.

Lalu apakah harus bius total?
Bila anak dibawah 3 bulan, maka dokter berani untuk melakukan operasi dengan bius lokal, dan lebih baik lagi sebelum 10 hari (akan lebih sedikit sakitnya). Bila anak sudah diatas 3 bulan, harus dibius total. Bila anak sudah kelas 6 SD, dan sudah bisa diajak kompromi, baru bisa dengan bius lokal kembali.

Lalu apakah sunatnya dengan laser atau metode lain?
saya sudah lama meininggalkan metode laser karena operasinya lebih lama (karena harus memutar) dan lebih mahal, tapi hasilnya sama saja bila dibandingkan dengan gunting. Biasanya laser ini hanya disediakan di RS yang besar, sedang klinik2 kecil mungkin hanya dengan pemanasan..

Wah saya benar2 puas bertanya pada dokter ini.. semoga saja dia bisa sembuh sendiri yach..

13 responses to “Cerita konsultasi dokter ttg hydrocele-part4

  1. Pingback: Sehat itu indah « Cerita Mama Fabian

  2. anak saya berusia 13 bulan . dan mengalami hydrocele.
    kata dokter di rs muhamadiyah bandung, harus segera di operasi..
    yang mau saya tanyakan, apakah dengan usia 13 bulan, juga harus menunggu sampai 2 tahun agar lubang di rongga perutnya bisa menutup sendiri ataukah harus segera dioperasi… terimakasih

  3. anak saya berumur 13 bulan dan mengalami hydrocele, saya langsung berkonsultasi dengan salah satu dokter spesialis ank di rs di bandung, katanya harus segera dioperasi.. yang mau saya tanyakan apakah dalam umur 13 bulan, ank saya harus menunggu sampai 2 tahun agar rongga perutnya bisa tertutup sendiri ataukah harus segera dioperasi. terimakasih

    • Dear mbak Nisa,
      maaf kalau baru dibalas. Sebenarnya, dokter mengatakan bahwa batas maksimum penutupan lubang hydrocele adalah 1.5 tahun. Tapi kalau dokter alexandra bilang masih bisa menunggu hingga 2 thn. Jadi saya menunggu sampai dia berumur 2thn, karena saya masih berharap bahwa hal itu masih bisa terjadi.

      Jadi kalau mbak bertanya harus segera dioperasi atau bisa menunggu, kembali lagi ke keadaan anak mbak. Sepengetahuan saya yang harus segera dioperasi adalah yang hernia (seperti hydrocele, tapi karena lubangnya cukup besar, usus bisa melalui lubang tersebut). Kalau lubangnya kecil, sehingga usus tidak bisa masuk melalui lubang tersebut, operasinya masih bisa menunggu. Toh sebenarnya hydrocele tidak menimbulkan rasa sakit kepada anaknya. Sambil berharap dia bisa menutup dengan sendirinya (berdasar yang saya baca, penutupan ini hanya bisa secara alami, tidak bisa dibantu dengan pijat, atau obat apapun).

      Keputusan ada di tangan mbak.. semoga hydrocelenya bisa hilang dengan sendirinya ya mbak..

  4. azka anak saya,1th lalu(2th) menjalani operasi hydrocel…sebuln kemudian hydrocel kambuh lg…kt dokter yg melalukan operasi,hrs diopearasi lg! g kebayang gmn traumanya Azka klo hrs oprasi lg…blm lama timbul hernia!!….saya bawa ke alternatif/pijat refleksi,g lama..hernianya sembuh..tp g tau smp kapan…???
    saya jd pesimis sama tindakan medis..klo sebln sdh kambuh lg,sudah brapa kali operasi yg hrs dijalankan anak saya…???
    tq for share….

    • Dear Lina,
      wah, saya baru dengar kalau setelah operasi masih bisa kambuh. Apakah dari dokternya memberi penjelasan alasan sampai bisa terbuka kembali lubang hydrocelenya? Terus terang, berdasarkan informasi yang saya kumpulkan, hal ini tidak ada dalam referensi, kecuali memang pada saat operasi yang pertama memang belum tertutup sempurna. (yang agak aneh, karena hal ini yang menentukan berhasil tidaknya operasinya). Mungkin ada baiknya utk pindah dokter karena dari pengalaman saya, sudah 1 thn dari Fabian operasi, hydrocelenya sama sekali hilang.

      • Mbk,,kalo masih tahap wait n see..itu cairanx dbiarin aja atau dsedot?
        Anak sy lagi sminggu ru umur 2bln..baru bbrpa hari yll ngeh scrotum kananx kaya isi 2 testis..bsok rencanax mau cek k dokter,,

  5. dear mamah fabian,

    anak saya juga mengalami hydrocele.. sya sudah konsultasi k, dokter anak di anjurkan untuk operasi. tapi saya tidak tega. karna anak saya dimas baru berumur 7 bln… apakh ada cara lain selain oprasi?? jika saya menunggu sampai kurang lebih 2thn, seberapa besar kemungkinan hilangnya hydrocele secara alami?? dan apakah bahayanya jika menunggu sampai selama itu….???

    terimakasih

  6. Mbk,punya alamat website dr.alexandra untk konsul nggak?karena saya jauh di sumatera

  7. sri rejeki riyanti

    Bisa kah hydrceles tertutup sendiri diatas usia 2 tahun.

  8. saya siti dari malaysia..nak tanya nak puan dah selamat menjalan kan operasi kah?bagaimana keadaan ny sekarang?adakah hidrosil nya sudah tidak ada?

    • Hai Siti, maaf bila lama jawabannya. Anak saya sudah sembuh dari hydrocele sejak operasi seleasi. sampai sekarang (dia berumur 7 tahun), hydrocel nya tidak timbul lagi.

  9. Hai mama febian…salam kenal, bisa minta no hp, mau sharing perihal hydrocel anak saya. Makasi

Leave a Reply

