Cerita Perkembangan Fabian-12 s/d 13 bulan


Di saat ulang tahun Fabian yang pertama, hal yang dapat dilakukannya dengan fasih adalah berjalan dan sedikit berlari. Pada saat pesta ulang tahunnya, Fabian senang sekali berjalan2 memutar kursi-kursi kecil yang disiapkan khusus untuk anak-anak yang akan menonton badut pak mupri.

Selain itu perkembangan motorik kasarnya terus menonjol dengan kegemaran barunya, yaitu mendorong barang-barang mulai dari meja, kursi, dan kemampuannya untuk mulai memanjat. Kalau dulu ranjang adalah tempat yang aman untuk Fabian, kini tidak demikian. Dia gemar sekali memanjat kepala ranjang yang terbuat dari kayu dan beberapa kali kepala terantuk kayu dan membuatnya menangis dengan hebatnya.

Benjol di kepala adalah hal yang lumrah di bulan-bulan ini. Karena dia sekarang sudah senang bercanda, bermain hide and seek, kadang dia berlari kegirangan, sampai sampai terjatuh tepat di kepala depan. Beberapa orang yang bertemu dengan Fabian sempat bertanya mengapa benjolan tepat diantara kedua alis tidak hilang sudah beberapa minggu? Hal ini karena Fabian berulang kali jatuh dan bagian yang terantuk adalah bagian depan (mungkin karena hidungnya kurang mancung)

Biasanya saya mengobati benjol dengan arak khusus jatuh. Setelah dikompres menggunakan kapas, benjolannya akan mengecil (tapi tidak hilang) dan besoknya akan terlihat seperti bekas lembam. Trombopob sudah saya coba juga, tapi hasilnya lebih lama bila dibanding dengan arak.

Dari segi emosi dan intelektual, fabian sudah mulai dapat mengikuti 1 perintah, yaitu untuk melambaikan tangan ketika mama mengatakan “dah dah” dan melakukan gerakan kiss bye. Fabian juga sudah mulai dapat menunjukkan keinginannya. Bila ia ingin agar diambilkan mainan, atau bola, dia akan menunjuknya dengan tangan sambil berteriak. Bila permintaannya tidak dikabulkan, maka dia akan mulai menangis.
Satu lagi yang sangat saya mengerti adalah bagaimana caranya Fabian menunjukkan bahwa dia ingin digendong menuju ke suatu tempat. Dia akan menghampiri saya dan mengambil posisi duduk di samping pinggang, dan mulai menunjuk tangannya kearah tertentu. Itu artinya mama harus menggendong Fabian, lalu berdiri dan mulai berjalan kearah yang dia mau..

Fabian saat ini sering kali memukul kepala, badan dan apa saja. Bila ada hal yang tidak dia sukai, maka tangannya dengan mudahnya melayang melakukan pukulan. Mungkin ini adalah akibat dari kukuhnya yang suka mengajarkan dia memukul ranjang ketika bermain sumo. Atau mungkin juga karena dia belum bisa mengendalikan kekuatan tangannya.. karena pukulannya cukup keras sampai membengkokan kacamata saya.

Kalau dari kemampuan bicara, dia belum dapat mengucapkan kata yang spesifik. hanya “mama” dan dia menggunakannya untuk menunjuk ke semua orang, papa, suster dan lainnya. Kadang dia berceloteh “wauwauwau” atau “nyi-nyi” tanpa arti yang jelas. Walau saya dan susternya selalu mengajak dia berbicara, rupanya usaha ini harus terus dilakukan..karena belum ada 1 kata pun yang Fabian ucapkan dengan benar..Mungkin benar apa kata orang kalau bayi dapat berjalan terlebih dahulu, maka kemampuan verbalnya akan lebih lambat.

Hal lain yang sangat menyenangkan adalah kemampuannya untuk tertawa terbahak-bahak. Pertama bila dia dikilikitik ketiak atau pinggangnya, atau ketika dia melihat hal yang lucu seperti melihat orang mengambil barang yang dijatuhkannya berulang-ulang, atau ketika kepala kukuhnya menyundul balon. Suara tawanya membuat hati saya berbunga-bunga…

Untuk kemampuan sosial, sepertinya belum berkembang. Dia hanya bisa mengenali orang-orang yang biasa ditemuinya dan nyaman berada didekat mereka. Tapi untuk urusan sharing mainan dengan anak lain, atau berteman dengan anak lain, sepertinya masih belum. Buktinya dia sudah pernah merobohkan seorang anak yang berumur sama ketika dia mencoba membawa lari bola Fabian. Atau ketika dia mencoba kelas trial di tumbletots, dia sama sekali tidak peduli dengan keberadaan anak-anak yang lain dan asik bermain sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s