Perkembangan Fabian 14 s/d 16 bulan


Motorik kasar dan halus

Di usianya yang memasuki 14 bulan, Fabian semakin menonjolkan ketrampilan motorik kasarnya. Dia sudah bisa memanjat untuk naik ke ranjang mamanya maupun turun dari ranjang dari posisi duduk (tidak lagi mundur seperti bulan sebelumnya). Saat ini, anak tangga pun dapat dilangkahi dengan mudah, dia suka sekali naik dan turun tangga.. alhasil, kita mulai memasang pagar yang menghalangi tangga di rumah untuk menghindari kecelakaan.. Selain itu, dia bisa berjalan mundur.. sambil menarik tali yang terikat ke mobil-mobilan, dia berjalan mundur sambil sesekali melihat ke belakang (arah jalannya).

Sepeda dan otopet menjadi mainan favoritnya. Dulu ketika dia mulai bisa menaiki sepeda, saya melihatnya begitu gembira. Kini dia tidak hanya menaiki sepeda roda tiganya, tapi juga mengayuhkan kakinya di lantai dan mengemudikan setirnya untuk melaju kearah yang dia inginkan. Menakjubkan!!

Untuk motorik halusnya, dia sudah dapat memasukkan ring-ring kedalam tongkat, mencorat-coret (walau kadang malah mematahkan crayon) dan mulai bisa menggunakan sorter (memasukkan bentuk-bentuk kedalam kotak dengan bentuk lubang yang sesuai), walaupun jarang sekali dilakukan oleh Fab.

Logika, bahasa dan emosi

Sebelumnya, saya hampir putus asa untuk memperkenalkan buku kepada Fabian, karena setiap kali saya meminta dia untuk membuka buku dan mulai membacakan cerita, Fabian akan mulai mencari aktifitas lain yang lebih menarik perhatiannya seperti berlari, melempar bola, dan saya ditinggal sendiri dengan buku saya. Tapi memasuki usia 15 bulan, ada perilaku yang cukup unik yang membuat saya senang .. Fabian mulai tertarik utk mengambil buku dari tas dimana saya menyimpan buku dan membawanya ke ranjang (tempat biasanya saya membacakan buku) dan mulai membukanya. Dia mulai menunjuk-nunjuk obyek yang ada di dalam buku, sambil saya  meniru bunyi suara binatang yang ditunjukkan. Sepertinya cara ini lebih berhasil dari pada membacakan cerita..

Walaupun Fabian baru saja dapat mengatakan beberapa kata (mama, papa, ball, guguk, kukuh, ema) dan sudah berhasil mengasosiasikan arti kata tersebut dengan benar, dia sudah dapat mengemukakan kemauannya dengan jelas. Bila dia ingin memainkan sesuatu, dia tidak mau melepaskannya. Dan bila saya mencoba mengambilnya, maka dia akan marah dan kemudian melemparkan benda tersebut. Itulah yang membuat HP saya rusak (setelah berpuluh-puluh kali dibanting).

Fabian sudah mengenal pola. Pertama, bila dia menggunakan pampers (yang dibilang sebagai’wow’ olehnya) dan menggunakan kaos kaki dan sepatu, artinya selanjutnya adalah membuka pintu rumah dan keluar. Bila dia sedang ingin keluar, dia akan mulai mencari kaos kaki dan meminta orang dewasa disekitarnya untuk memakaikan kaos kaki. Kedua, bila saya sudah mulai membuka bajunya, memasuki kamar mandi, dia mulai menempel ke tubuh saya,.. karena artinya sudah waktunya mandi…

Fabian sering kali meniru gaya orang menelepon. Dia mendekatkan gagang telepon ke kupingnya layaknya sedang berbicara ditelepon, lucu sekali. Selain itu dia juga masih suka kegiatan memasak dan bermain bola.

One response to “Perkembangan Fabian 14 s/d 16 bulan

  1. ratna stia wati

    Tx for info nyn kami butuh saran pesan dan masukan untuk perkembangan buah hati kami

Leave a Reply

