Tips memilih buku untuk anak 6bln-18bln


Banyak sekali buku-buku anak yang ditawarkan, baik ditoko buku maupun toko kebutuhan anak.  Ada yang berbahan karton tebal, ada yang bisa mengeluarkan musik, ada yang bisa dipop up, atau memiliki tekstur.

Saya ingin sekali menanamkan kebiasaan membaca pada anak saya Fabian sejak dini. Dari literatur yang saya baca, dikatakan tidak ada batasan usia untuk mengenalkan buku kepada anak. Semakin dini, semakin baik.

Saya mulai membeli berbagai jenis buku, tapi tidak semua menarik untuk dipegang, atau bahkan dilirik oleh Fabian. Berikut pengalaman saya dengan buku-buku anak…

Ketika Fabian berusia 4 bulan (dia sudah dapat mengangkat kepalanya), saya hanya mengenalkan buku yang dapat mengeluarkan suara atau lagu ketika tombolnya ditekan. Judulnya Finding Nemo , terbuat dari karton yang tebal, ada bintang dibagian kanan atas (glow in the dark) dan beberapa tombol (utk beberapa lagu) dibawahnya ,keluaran publication international.

Pada awalnya Fabian hanya melihat gambarnya dan tidak bereaksi apa2.. tapi setiap hari, pada malam hari, saya selalu menyanyikan teks lagu yang tertulis disana sambil diiringi lagu (satu halaman 3-4 kali). Ketika dia berumur sekitar 8 bulan, dia mulai dapat membalik-balikan halaman buku tersebut dan tertarik dengan gambar nemo di halaman ke tiga dan selalu tersenyum bila melihatnya. sekitar di umur 11 bulan, dia dapat menekan tombol dan menggerakan tangannya mengikuti irama lagunya.

Saya memiliki 3 buah buku seperti ini (memiliki tombol yang dapat mengeluarkan lagu), yaitu elmo “Get up and go songs”, thomas “It’s great to be an engine”, dora. Semuanya keluaran Publication international. buku ini cocok sekali utk anak dibawah 1.5 tahn

Buku kedua yang menjadi favorit fabian adalah buku First color, keluaran Usborne. buku ini terbuat dari bahan tebal dan memiliki gambar-gambar yang sesuai dengan warnanya. misal di warna merah, ada gambar mobil merah, stawbery,  dll. Lalu di warna kuning ada gambar bebek, lemon,dll. Pada awalnya saya membacakan nama masing-masing obyek yang saya tunjuk, tapi sepertinya kurang menarik.. akhirnya saya mengubah taktik, dengan membuat suara yang menyerupai obyek.. misal “kwek..kwek” untuk bebek, “guk guk” untuk anjing, “tut..tut.. ” utk kereta api, dsb..

Dia sangat senang mendengar bunyinya, dan diusianya yang ke 15 bulan, Fabian sudah dapat meniru beberapa bunyi dan dapat menyebutkannya ketika saya tunjuk gambarnya, seperti “Bo..a” utk bola, “moo” utk sapi, “brmm.. brmmm” utk mobil.

Buku ini juga mempunyai tab (dibagian atas dan kanannya) sehingga dapat melatih motorik halus tangannya ketika berusaha untuk membalikkan halamannya..Fabian sudah mulai bisa membuka dan membalikkan halaman buku semenjak usia 13 bulan.

Yang penting untuk buku jenis ini adalah gambarnya harus jelas, dan warnanya terang, sehingga menarik perhatian anak. Selain itu, di ujung buku berbentuk melengkung, dan kertasnya tebal sehingga dapat dibalik2kan dengan mudah.

Buku ketiga yang menjadi favorit adalah buku yang berisi fotonya bersama dengan saya dan papanya. dia bisa menunjukkan mana papanya sambil mengucapkan “papa” atau menunjuk muka saya sambil mengatakan “mama” dan yang paling mengemaskan, dia mengarahkan telunjuknya ke dadanya ketika saya menanyakan “ini siapa?” pada gambar dirinya..

Buku keempat yang disukai adalah buku Puppies keluaran Usborne. Buku ini berbahan karton tebal dan di beberapa gambar anjing terdapat berbagai jenis bulu. Ada yang seperti puddle, ada yang halus, ada putih, ada yang coklat. Dia sangat senang meraba dan menarik bulu-bulu tersebut, sambil mengatakan “guk guk”. Selain itu beberapa bola berwarna juga menarik perhatiannya.

Buku kelima yang jadi favorit adalah buku pop up dari ELC. Buku ini bertema hutan dan binatang2 yang ada didalamnya. 1seri terdiri dari 4 buku kecil yang masing2 berisi sekitar 5 halaman. Ketika buku dibuka, maka ada gambar burung kaka tua yang menimbul kearah permukaan, atau gambar domba melompat dari kiri ke kanan, dan lain-lain.. Untuk saat ini, Fabian tidak saya perkenankan untuk memegang pop upnya (takut rusak)🙂

buku-buku yang memiliki lembaran kertas yang tipis sepertinya tidak menarik utknya. Apalagi buku yang proporsi tulisannya lebih banyak dari pada gambarnya. Jadi untuk usisa 6-18 bulan, pilih buku yang berkarton tebal, full of picture dan berwarna cerah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s