Cerita Perkembangan Fabian bulan 16 s/d 17


Bulan September ini, hal pertama yang terlihat pada Fabian adalah badannya yang kurus!! Pada saat vaksin cacar air kemarin, Fabian baru ditimbang kembali (setelah beberapa bulan ini tidak di ketahui beratnya). Ternyata dari usianya yang ke 13 bulan sampai 17 bulan, tidak ada perkembangan berat yang berarti. Dari 10.5 menjadi 11 lalu yang terakhir 10.75 kg. Sedangkan tingginya semakin menjulang, sekitar 81 cm.

Beberapa hal yang dicurigai menjadi penyebabnya. Pertama adalah pertumbuhan gigi geraham. Saat ini sudah ada 10 gigi yang keluar dari gusinya (8 gigi seri, 1 gigi taring bawah kiri dan 1 gigi geraham bawah kiri). Sepertinya 2 gigi di sebelah kanan bawah akan menyusul, karena gusinya sudah membengkak cukup besar. Katanya kalau sedang tumbuh gigi, anak akan menjadi lebih sulit untuk makan dan sedikit rewel. Sepertinya hal ini juga yang membuat pola tidurnya tidak karuan. Biasanya dia tidur sekitar jam 9.30, sekarang berubah2 kadang jam 8, tapi kemudian bangun jam 2 pagi sampai jam 5 dan tidur kembali sampai jam 11. kadang sampai stg 12 malam baru tidur, kadang bangun pagi, kadang siang.. pokoknya berantakan.. selain itu bobo siangnya juga sudah mulai berkurang, sepertinya sedang beralih dari 2 kali tidur siang menjadi 1 kali.

Kedua adalah karena dia bosan untuk duduk diam sewaktu makan. Saat ini Fabian sedang aktif-aktifnya mencoba keahliannya dalam berlari. Dia juga sangat suka dengan bola basket dan sudah dapat memasukkan bola basket ke keranjangnya bak pemain basket yang sedang ‘slam dunk’. Nah kalau diminta untuk diam, dia akan berteriak dan berlari.. alhasil waktu makan adalah waktu eksplorasi mainan atau makanannya.

Ketiga adalah aktifitasnya yang terlalu memakan energi. Di bulan ini, fabian selalu bergerak, entah jalan, berlari, naik2 ke ranjang/tangga, mengambil bola, atau bergaya seperti orang sedang break dance (seperti akan tiduran dilantai dengan kaki keatas). Sedang asupan kalori tidak bertambah.. susu pun masih 2/3 Asi dan 1/3 susu procal 3.

Yang sangat mengembirakan saya adalah dia mulai menunjukkan minat untuk membaca.. dia suka mengambil buku ‘Puppies’ atau ‘First color’ -nya dan menunjuk beberapa gambar sambil mengeluarkan suara seperti “bo..a”, “moo”.. Selain itu kata yang sudah dikuasainya semakin bertambah, yaitu “mama”,”papa”, “kukuh”, “uu”,”ema”,”pho-pho”,”kungkung”, “bo..a”, “moo”, “er ja”,” ku”, “bobo”, “mamam”, “vrooomm”, juga “guguk”, “ja”, “baa”, “wow”.

Fabian juga sudah dapat menunjuk beberapa bagian dari tubuhnya dengan benar, seperti mata, hidung, mulut, gigi(walau sebenernya dia menunjukan lidahnya), telinga, kepala, kaki, perut, pipi.

Yang sangat menarik adalah kegemarannya dengan bola dan mobil. Dua hal yang sangat disukainya ini mampu membuat dia mengenal pola. Misal kalau mama pulang, dia akan minta untuk dipakaikan kaus kaki dan sepatu, lalu mengambil bola, dan berjalan ke pintu depan supaya diajak bermain bola di podium. Atau kalau dihari sabtu, dia akan minta dipakaikan pampers (yang disebut “wow” olehnya), lalu sepatu dan mulai memanggil papanya sambil mengambil kunci mobil dan mengatakan “vroom..vroom”.

Saat ini saya dan suami sedang berjuang mengajarkan kepadanya untuk tidak memukul orang.  Entah kenapa beberapa orang suka dipukul olehnya tanpa sebab, seperti pho-phonya. Mungkin juga karena pho-phonya suka meledeknya. Tapi selain itu, Fabian juga suka marah bila keinginannya tidak dituruti. Misal dia belum mau tidur, jadi ingin main diluar kamar. Bila pintunya tidak dibukakan dia akan marah dan mulai memukul. Atau bila dia sedang memegang hp, lalu dia berusaha untuk mengambilnya, maka dia akan marah dan melempar HP tersebut. (sudah 2 HP yang menjadi korbannya)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s