Cerita demam pertama Fabian (hari ketiga)


Setelah meminum antibiotik, demam Fabian tidak lagi muncul. Kali ini timbul gejala baru, yaitu keringat dingin. Seluruh tubuhnya terasa dingin. Dari pengamatan, dapat disimpulkan bahwa demam Fabian yang pertama ini disebabkan infeksi bakteri di dalam tenggorokannya. Terbukti dengan hilangnya demam, setelah 1hari diberikan antibiotik.

Rasanya sangat senang, dapat melihat Fabian kembali ceria dan berlari seperti biasanya..Tidak ada yang dapat menggantikan kesehatan!

Walau sudah membaik, antibiotiknya tetap dihabiskan hingga hari jumat (total 12 kali minum @ 5ml). Entah kenapa setiap kali berhubungan dengan antibiotik, Fabian selalu mengantuk. Sekitar 3 jam dari waktu minum anti biotik, dia akan tertidur selama beberapa jam(2-3jam). Padahal dalam keadaan normal, dia hanya tertidur sekitar 0.5 sampai 1.5 jam saja. Hal ini juga terjadi ketika saya terkena bisul dan infeksi saluran kencing yang parah, sehingga harus meminum antibiotik (amoxilin). Pada saat itu, setiap kali dia meminum ASI saya, sesi tidur siangnya memanjang hingga beberapa jam. Beberapa dokter yang saya tanyakan, membantah bahwa antibiotik dapat menyebabkan kantuk. Tapi itulah yang terjadi pada Fabian..

Sudah 2 hari terakhir ini (kamis dan jumat), Fabian seperti diare. Tapi kalau menurut mama dan babysitter saya, itu biasanya menandakan bahwa demamnya sudah berakhir. Diare ini akan berhenti dengan sendirinya. Mereka juga percaya bahwa diare tersebut seperti membersihkan tubuh dari bibit penyakit yagn menyebabkan panas/demam. Entahlah.. tapi mungkin itu benar..

Di hari kamis, selain diare, Fabian juga menunjukkan gejala batuk. Suaranya terdengar serak dan beberapa kali dia terbatuk seperti ada lendir di lehernya. Mungkin ini adalah tanda bahwa infeksinya sudah berakhir. Semoga tanpa obat batukpun, serak dan batuknya dapat hilang dengan sendirinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s