Cerita perkembangan fabian bulan ke 18 s/d 19


Semakin besar, Fabian semakin tidak bisa diam… dia senang sekali berlari-lari, meloncat-loncat dan memanjat. Bila kita lengah sebentar saja, dia bisa bertengger diatas meja atau sofa atau di manapun yang bisa dia panjat.. Mungkin ini hasil dari pelatihan di tumble tots. Sejak usia 1 tahun, fabian mulai masuk tumble tots. Pada awalnya hanya 1 atau 2 kali sebulan, tapi sejak juli, fabian ikut sesi yang seminggu sekali (biasanya hari sabtu). Berhubung mama dan papanya bekerja dihari lain,.. jadi terpaksa fabian sekolah dihari sabtu.

Sampai usiannya yang ke 19 bulan, Fabian belum memperlihatkan minat untuk makan sendiri.. lebih tepatnya masih suka dengan makanan yang berkuah dan lembek.. betapa frustasinya saya, pada saat babysitternya cuti, dan Fabian sedang kumat “tidak mau makannya”. Gayanya menolak makanan bermacam-macam, dan yang paling bikin pusing adalah mengeluarkan makanan sesaat setelah makanan masuk kedalam mulutnya. Waktu makan, menjadi waktu kejar2an atau tangisan, atau waktu buang2 makanan ke lantai.. HUA…

 

Tapi sisi lain, Fabian sudah sangat berkembang dalam memorynya.. dia sudah semakin banyak mengerti dan mengucapkan kata baru. Dia juga dapat menunjukkan nama dari foto orang yang dikenalnya (walau masih salah mengejanya.. tapi bunyinya sudah mirip). Selain itu, dia bisa mengingat sifat atau kata kerja dari suatu kata benda. misal, bis.. baa… (alias besar) atau bah..(alias basah) cin (alias licin), atau truk jubrak (melihat iklan Fed Ex dimana truk yang kebanyakan muatan terguling).

Kalau kemampuan motorik kasar, jangan diragukan.. tapi motorik halus sepertinya tidak banyak kemajuan. mungkin karena  dia tidak suka duduk disatu tempat terlalu lama. Kalau saya memberikan kepadanya kertas dan ballpoint, dia akan mencorat-coret menggunakan tangan kiri dan kanan secara bergantian. Tapi hal ini mungkin hanya bertahan 1 menit. Untuk mainan seperti Puzzle atau sorter, kadang dia bisa melakukannya sendiri, tapi jarang sekali dimainkan.. dia lebih suka mengambilnya lalu melemparnya. Begitu juga dengan balok atau gelas susun.

Mainan favoritnya adalah mobil-mobilan dan motor yang bisa di naikinya. Dengan mahirnya dia melenggak lenggok dengan mobil atau motornya. Selain itu mobil kecil seperti hot wheel atau mobil dengan magnet dibagian depan dan belakangnya keluaran ELC (mobil bisa dirangkai seperti kereta). Mainan favorit lainnya adalah kuali dan sendoknya.. Entah kenapa dia masih saja suka dengan alat masak tersebut dan kerap kali meminta untuk diambilkan kuali.  Dan kesukaannya yang terakhir adalah memainkan setir mobil. dia bisa menghabiskan 20 menit untuk memutar setir mobil saya.. wajahnya sangat gembira ketika saya membiarkannya memutar-mutar setir dan memainkan lampu mobil.

Oya beberapa hal yang lucu.. dia sudah bisa memberikan mainan kesukaannya ke pada mbak dikasir sambil mengatakan “mbak.. mbak” seperti sudah mau membayar. Atau memberikan kartu parkir ke petugas digerbang pintu parkir, sambil mengatakan “bapak..Bapak..” Dan membuat saya tidak bisa menyapihnya adalah, dia bisa bilang  “mama nenen” sambil menunjuk ke tempat biasa saya menyusuinya dan membawa boneka fish kesukaannya..Entah kapan saya bisa memberhentikan pemberian ASI ini.. sepertinya saya juga seperti tercandu dengan menyusui.. rasanya sangat dekat dengan Fab pada saat itu.

Bulan ini saya dipusingkan dengan demam tinggi Fabian..Ini adalah kali pertama fabian demam, dan suhunya mencapai 40 derajat celcius. Alhasil antibiotik harus turun tangan..Belum lagi hydrocele yang kembali muncul. Tapi setelah beberapa kali dibungkus daun jawer kotok, hydrocelenya mulai menghilang lagi.. semoga dia tidak muncul lagi yah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s