Survey preschool — open house di High Scope kuningan


Jumat 2 minggu lalu, saya minta ijin ke atasan untuk datang terlambat ke kantor. Saya melihat ada acara open house di highscope kuningan. Acaranya dimulai jam 9 sampai jam 12. Beberapa hal yang saya dapat dari open house ini:

Pertama, mereka menunjukkan bahwa ada penilitian semakin cepat anak dikenalkan kepada pendidikan, maka semakin cepat synapsis di dalam otak terbentuk, terutama didaerah otak kanan. Peneliti mencoba melihat aktifitas dari otak bayi yang baru saja keluar dari kandungan ibunya.. semua bagian otak yang berhubungan dengan panca indera bekerja membentuk synapsis dengan cepatnya. Walau seorang bayi yang  tidak dapat berbicara, dia bisa merasakan perbedaan bila sedang diberi stimulasi oleh ibu, atau sedang di"cuekin" oleh ibunya dengan menunjukkan mimik muka yang berbeda.

Di sebuah video yang diambil dari BBC news, dikatakan bahwa ada jendela waktu dimana proses belajar dapat berjalan dengan lebih mudah dan cepat. Tergantung dari  bagian mana dari otak, ada yang berkembang dengan mudah di umur 0-3 tahun, ada yang 3-5 tahun, dsb. Bila melewati jendela waktu tersebut, bukan berarti tidak bisa, tapi akan memakan waktu dan usaha yang lebih banyak.. Jadi menurut penelitian tersebut, sangat penting untuk anak memulai sekolah di usia sedini mungkin.

Mengapa harus sekolah? bukankah yang penting adalah memberikan stimulasi yang benar dan sesuai dengan perkembangan otak dapat dilakukan oleh ibu atau ayahnya? Yang pertama, tidak semua orang tua mengetahui pentingnya stimulasi terhadap perkembangan anak. kedua, tidak semua orang tua juga mengetahui bagaimana cara memberi stimulasi yang tepat pula. Dan yang terakhir adalah, sulitnya untuk orang tua mempertahankan konsistensi dalam memberikan stimulasi, sedangkan cara kerja otak membutuhkan repetisi, sehingga hasil nya tidak optimal bila stimulasinya hanya diberikan beberapa kali saja.

Hal kedua adalah..  Pendidikan harus berubah. Dari dulu sekolah selalu sama, tidak ada perkembangan yang berarti dalam dunia pendidikan. Sedangkan dunia telah berubah total, kita sudah memasuki dunia baru, dimana internet telah merubah segala hal. Industri telah berubah, teknologi berkembang, bila kita hanya mengikuti teori yang sama, kita hanya dapat sedikit lebih baik dibanding semua orang kebanyakan.

Saya juga membaca di buku Business Genius yang mengatakan bahwa saat ini sebagian besar dari manusia di bumi dilatih untuk menggunakan otak kirinya saja. Hal ini bukan berarti jelek, tapi ini berarti semua orang melihat yang sama dan berlomba-lomba di satu bidang yang sama. Hasilnya, semua hal sekarang sudah efficien, semua sudah efektif, dimana lagi yang perlu dikembangkan kembali.. Yang dibutuhkan sekarang adalah orang yang melatih kedua bagian otaknya. Otak kanan membuat kita lebih kreatif, melihat jauh kedepan, membuat konsep baru dan berani membuat keputusan.

Kalau dilihat dari cara pandang orang, dulu orang menganggap bekerja dikantoran berarti suatu yang "wah", sekarang hal ini sudah biasa. Orang yang lulus universitas sudah banyak, daya saing semakin tinggi. Bila tidak dapat menemukan sesuatu yang lebih baik, mungkin hanya menjadi rata-rata orang biasa.

Jadi pendidikan harus berubah. Sekarang saatnya kita menerapkan bentuk pendidikan yang baru.

Mengenai High scope sendiri, ini yang saya dapat adalah High Scope menganut asas "active learning". Cara belajar yang dulu dari teori baru dipraktekkan bukanlah yang efektif. Tapi sebaliknya, anak harus di ekspose dengan bendanya secara nyata, dan dilatih menjadi kritis untuk bertanya,mencari tau dan menemukan sendiri, barulah dikenalkan dengan teorinya. Contoh yang diberikan pada open house itu adalah pada saat mengenalkan buah apel pada anak. Kalau dulu kita memberikan gambar apel terlebih dahulu, sambil menjelaskan bahwa apel adalah buah berwarna merah, rasanya garing dan berair, dsb. Jadi anak diberi teori dan diminta utk mengingatnya. Tapi di high scope, mereka akan membawa buah apel sungguhan dan membiarkan anak untuk mengekplorasi buah tersebut. Kemudian diberi stimulasi seperti dengan pertanyaan,warnanya apa, rasanya apa, bentuknya apa, dll. Jadi anak dapat mengamati dan membuat teori dalam kepalanya sendiri..

Yang kedua, highscope percaya bahwa belajar harus konsisten. jadi mereka mengenalkan konsep ini dengan pembagian waktu yang fixed. misal jam 9 adalah greeting time, lalu jam 9:15 outdoor time, jam 9:45 clean up time, dll. dengan begitu, anak juga belajar disiplin.

Yang ketiga adalah anak akan senang untuk sekolah. mereka dapat memilih mainan apa yang mereka inginkan. guru akan melihat minat dari anak dan menggunakan metode pengajaran yang sesuai dengan perkembangan anak. jadi pelajarannya disusun sesuai kebutuhan anak, tidak dipaksakan seperti pada sekolah lainnya. Maka dari itu, mereka tidak menggunakan rapor dengan angka, tapi lebih qualitatif. dengan alasan sekolah bukan untukl lomba, tapi proses belajar, angka hanya akan membuat anak seperti dibandingkan dengan anak lain..

About these ads

5 responses to “Survey preschool — open house di High Scope kuningan

  1. akhirnya pilih preschool di mn?

    • Nice question,
      I finally registered Fab to highscope kuningan. He will start next week.
      walaupun sebenernya agak berat hati dengan cara management kuningan yang seperti “money oriented”, saya berpikir ini masih lebih baik dari pada tidak ada stimulus sama sekali (tidak sekolah). Kalau memang benar-benar tidak cocok, saya akan pindah ke highscope cabang lain..

  2. mbak, mau tanya maksudnya managementnya money oriented bagaimana ya? saya ingin memasukkannya juga ke highscope.
    Apa saja yang perlu diperhatikan?
    untuk perayaan ulang tahun, biasanya apakah yang mengadakan dari orang tua anak atau pihak sekolah?

    • Hai Mbak Nia,
      Entah mengapa, saya sebagai pendaftar sekolah baru, merasa sekolah highscope kuningan (tidak tau kalau cabang yang lain ya) sangat mengutamakan pembayaran untuk segala hal. Pertama pada saat mau daftar, saya datang ke sekolah dan bertanya apa saja yang harus saya isi dan bawa utk mendaftarkan anak saya? mereka hanya catat nama saya, nama anak saya, tanggal lahir, tertarik masuk kelas apa dan kapan. Lalu saya harus membayar penuh uang pendaftaran sebesar 6 juta rupiah. dan uang sekolah (bisa 1 bulan, atau 1 term).
      Saya sebagai pendaftar, jadi kaget.. kok langsung harus bayar, kok tidak diberikan formulir pendaftaran dll,..
      Tapi menurut mereka, sistemnya memang begitu..saya bilang, saya bekerja, apakah boleh kalau formnya saya bawa sekarang? mereka bilang tidak bisa, nanti kalau sudah bayar.. (huh.. sebel kan yah.. akhirnya saya protes.. dan mereka bersedia mengirim formnya ke rumah saya, setelah saya bayar full uang pendaftaran dan uang sekolah 1 term penuh)
      Lalu pada saat holiday program, hal ini terjadi lagi. yang penting bayar dulu.. baru diberitahu masuk kelas mana dan ada berapa orang dalam kelas itu. .

      Tapi sesudah sekolah berjalan, mereka tidak meminta biaya aneh2 seh.. dan saya sudah mulai kenal dengan beberapa guru disana.. sudah lumayan mengerti lah.. so far saya masih merasa ok dengan sekolah ini..

      Kalau untuk ulang tahun, diadakan oleh orang tua. Biasanya mereka menyediakan waktu sekitar setengah jam untuk potong kue, atau sekedar makan makanan kecil bersama-sama. Kue, makanan, undangan dan minuman disediakan oleh orang tua (tapi ini banyak aturannya .. ga boleh yang menggandung MSG, permen, atau minuman soda.. tidak boleh pake balon, terompet, badut, sampai ke goody bag)

      semoga anaknya enjoy sekolah disana yah..

  3. mana ada sih di Indonesia yg tidak money oriented? pastilah semua ke arah uang. ada uang ada barang. anak mau pintar ya bayar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s