Cerita perkembangan Fabian bulan ke 20 s/d 22


Fabian sudah mulai menunjukkan perilaku layaknya seorang individu mandiri. Kadangkala, dia akan menjerit atau menangis frustasi, bila suara atau keinginannya tidak didengar atau tidak dapat dimengerti oleh orang lain. Lucunya, kemampuan bahasanya belum sempurna, tapi kemampuan utk mempunyai kehendak sendiri sudah berkembang, sehingga orang tua harus dapat mereka-reka.. sebenarnya apa yang ingin dia katakan dalam beberapa suku kata yang dia ucapkan.

Tapi terus terang saya sangat bangga dengan perkembangan kemampuan bahasa, memory dan logika Fabian beberapa bulan terakhir. Dia dapat merangkai beberapa kata dan dapat mengingat dengan tepat apa arti dari kata-kata yang diucapkan nya. Kadang kala, kita orang tua, malah dinasihati oleh fabian untuk menaruh sandal pada tempatnya, atau untuk mandi sepulang dari kantor…

Dengan gayannya yang imut dia berkata.. “ma, vroom-vroom plis key” — artinya, ” ma, fab mau naik mobil, please, okey?” Atau yang paling imut bila dia meniru kata “tak-tak tak-tak byur” menjadi seperti  “tata tata buy” ketika dia ingin mandi..Kata favoritnya adalah, “bye-bye, fafab puang” = “bye-bye, fabian mau pulang”.

Yang paling berkesan untuk pho-phonya adalah ketika dia sedang berpikir bila kelupaan satu kata.. dia akan mengatakan “hmmm…” “hmmm..” ditengah-tengah kalimatnya dengan tampang yang serius berpikir.. sepertinya dia sedang memutar otak kirinya🙂

Satu hal yang sangat menarik adalah dia dapat mengenali wajah orang yang dikenalnya dengan baik. Salah satu buku favorit fabian adalah album foto keluarga. Dia dapat dengan mudah menyebutkan nama semua orang di foto tersebut. Seperti bacaan yang pernah saya lihat, memang otak kanan adalah bagian yang pertama berkembang..

Dia dapat berjalan, berlari, berhenti, duduk, naik tangga, turun tangga dan beberapa kegiatan fisik dengan mahirnya. Dia juga dapat melakukan forward roll tanpa bantuan, atau loncat2 ditempat,  ini adalah hasil latihan seminggu sekali di Tumble tots.

Kalau dari segi motorik halus, dia sudah dapat mencoret-coret menggunakan spidol, membentuk benang yang melingkar-lingkar. Tapi yang  unik adalah, dia dapat menjelaskan dia sedang menggambar apa. Dan dia selalu menggambar “air mancur”– kesukaannya saat ini. Dia bisa meminta saya untuk mengantarnya melihat “duuu ee, duu ee” panggilan imutnya untuk air mancur. ini karena lagu “new york..new york” yang pernah dia dengar di pertunjukkan air mancur di  mal Grand Indonesia. Beberapa hari terakhir, dia juga bisa mendendangkan sedikit dari lagu ini “ne..ne..ne” katanya..

Kalau dari kemampuan makan.. ini belum berbeda jauh, dia masih tidak mengunyah makanannya. Biasanya dia langsung menelannya. Berbeda kalau makanannya memang membuat dia tertarik seperti mie dan baso atau coklat. Tapi untuk makanan tersebut, dia hanya mau beberapa gigit saja.. jadi sama saja.. masih kurang..

Sampai saat ini, ASI saya masih keluar. Satu hal yang sangat membuat saya khawatir adalah pada saat menyapih, fabian belum bisa tertidur sendiri pada malam hari. Biasanya saya selalu memberi dia ASI sampai dia tertidur..semoga pada saatnya nanti, dia akan bisa mengerti.. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s