Cerita perkembangan Fabian bulan ke-22 s/d 24 (2 thn)


Fabian sudah dua tahun.. Dua bulan terakhir banyak kemajuan yang sangat pesat yang sangat mengejutkan saya…

Kemajuan yang sangat cepat adalah kemampuan dia mencerna informasi dan memberikan respon terhadap rangsangan yang dia terima. Kalau sebelumnya dia belum memberikan tanda bahwa dia sebenernya menerima informasi, sekarang saya sudah dapat melihat dengan jelas bahwa dia selama ini hanya dalam mode “receiving only” , dan sekarang mulai dengan mode “receiving and responding” 

Contoh yang sangat jelas adalah kemampuan berbicara dan meniru kata-kata yang dia dengar. Ups ini berarti kita harus berhati-hati dalam berbicara didepan Fabian.. salah satu bukti adalah ketika dia sekolah, dia dikenalkan dengan lagu “Good morning” .. dalam lagu ini setiap anak di tanya ” how are you”. Masing-masing anak akan menjawab “I’m Fine”. Dia dengan cepat menirunya.. tapi ketika pho-phonya ditanya, dan menjawab “eee.eee..” dia langsung menirunya dan sampai sekarang dia suka sekali menjawab “eee..eee..”😦

Vocabularynya juga bertambah sangat dahsyat. Walau pelafalannya belum jelas (butuh kamus khusus terbitan Fabian) tapi dia konsisten menyebutkan 1 kata  khas dia utk satu benda/satu maksud setiap kali.

Dari segi emotional, sepertinya dia sedang mengeksplorasi segala jenis emosi. Mulai dari marah.Dia sudah memiliki kehendak sendiri. Bila ada satu hal yang tidak sesuai dengan keinginannya, dia akan berteriak dan merontak-ronta. Saya dan suami berusaha sekuat tenaga untuk mengajarinya bahwa dengan cara berteriak dan menangis, dia tidak akan mendapatkan apa-apa. Malah kami akan menaruh dia dan menjauh darinya. Saya juga mencoba mengatakan kepadanya bahwa ini yang namanya marah/kesal. “mama tau, Fabian sedang marah, sedang kesal. Coba fabian rasakan marahnya, coba utk tenangkan diri dulu. Bila Fabian sudah tenang, mama akan siap mendengar Fabian mau apa”. Kadang proses “ngambek” bisa berlangsung setengah jam, kadang sejam tapi kadang hanya 15 menit”. Setelah dia menyadari bahwa tangisannya tidak ada gunanya dia akan kembali ke state “dapat diajak bicara”.

Pada awalnya saya ragu kalau cara ini akan berguna, tapi ternyata lama kelamaan teriakan dan tangisannya mulai berkurang. Amazing.. memang toddler itu penuh dengan keajaiban!

Lalu dia juga merasakan sedih… tangisan sedih biasanya bisa dibedakan dengan ada atau tidaknya air mata. Bila tanpa air mata, kemungkinan besar dia hanya mengetes kalau dengan cara menangis, apakah dia dapat memperoleh keinginannya.  Bila dia sedang sedih, biasanya saya memeluknya dan mencoba menghiburnya.

Fabian juga sudah diajarkan untuk meminta dengan baik-baik.. kalimatnya menjadi sangat imut bila diucapkan oleh mulut mungilnya.  “Ma.. Fafab mo bli kim boeh? maksudnya Fabian mau beli eskrim, boleh? Setiap permintaan diakhiri dengan kata “bo’eh?” kadang kita tidak tega utk mengatakan tidak..

Dari segi motorik halus, dia baru belajar untuk mengacungkan jempol. Kadang sulit tapi dia berusaha untuk mengacungkan jempol pada saat menyusu dan ingin mengatakan bahwa susu mama enak.. lucu sekali.. Tapi Fab sudah lama tidak melukis/menggambar.Mungkin karena dia menghabiskan waktunya dengan mainan mobil-mobilannya. Ada yang berbentuk truk, mobil sedan, SUV, bis, pemadam kebakaran,ambulance, dll. Kalau dihitung, lebih dari 50 mobil kecil yang dimilikinya. Kesukaannya adalah menyambungkan mobil satu dengan yang lain sehingga mirip dengan kereta.. lalu dia akan bilang “tut..tut…” Emang imajinasinya tidak terbatas.

Fab sering sekali mengamati hal kecil.. lalu dia bisa mengatakan.. “ma, bacin nene smua, kas jan” –> artinya “ma, basah dan licin semua, bekan hujan” atau dia akan bilang kalau jari kelingking “cil” jari jempol “Buaa”

Dari fisik, Fabian sudah perpindah dari seorang bayi menjadi seorang anak kecil (toddler). Dia sangat lancar berlari, meloncat, rolling, berdansa, menaiki tangga, turun tangga, menaiki sepeda (walau belum dapat mengayuh)

Dia juga sudah bisa menggunakan trampolin, mungkin sebenernya dari 1 stg thn dia sudah menguasai alat ini. Dia juga dapat  main ayunan dan perosotan. .lucu sekali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s