Akhir dari Hydrocele Fabian


Setelah bergumul dengan masalah pembesaran testis kanan Fabian di satu setengah tahun terakhir ini, akhirnya kini saya bisa merasa lega. Kalau diposting sebelumnya, saya menjelaskan bahwa hydrocele Fabian sudah mengecil, itu bukan berarti hilang sama sekali. Beberapa waktu kemudian muncul kembali. Lalu setelah beberapa lama hilang lagi, tapi kemudian muncul kembali.

Akhirnya saya dan suami memutuskan untuk meminta second opinion dari dokter di Singapore. Pada awalnya saya berharap kalau dokternya mengatakan bahwa sebenarnya tidak apa2 kalau lubang penyebab hydrocelenya cukup kecil. Atau harapan kedua adalah teknologi disana sudah cukup canggih, sehingga tidak perlu operasi, mungkin dengan laser atau apapun yang efek terhadap anaknya lebih kecil.

Kami pergi ke Mount Elisabeth Medical Care dan mendaftar ke dokter Sim Chiang Khi dari rekomendasi kenalan. Dokter Sim adalah ahli peadiatric urology dan surgery. Dari kartu namanya dapat dilihat gelar yang sudah dia miliki, mulai dari MBBS, MMed, FRCS, FRACS  sampai ke consultant Pediatric Surgery. Entah apa artinya, tapi sepertinya dia cukup pengetahuan di bidang pediatric.

Kesan pertama, dokter ini cukup ramah dan terlihat tidak setua bayangan saya. Analisanya sama persis dengan dokter di Indonesia (dr Alexandra). Menurut dia, sudah tidak mungkin untuk anak seumur 2 tahun untuk menutup lubang yang menyebabkan Hydrocele secara alami. Harus dioperasi karena berpotensi membesar dan menyebabkan hernia!

Hua.. saya langsung sedih.. tapi yang buat saya bingung, dokter ini menjelaskan mengenai operasinya seolah-olah operasi ini sangat mudah dan cepat. Dr Sim menjelaskan kalau operasinya termasuk day surgery, jadi Fabian diminta datang pagi hari, lalu langsung operasi (sekitar setengah jam) lalu istirahat sebentar, makan siang sudah bisa berjalan dan boleh pulang.

Saya menanyakan apakah yang dimaksud dengan operasi disini adalah operasi yang memotong kulit atau dengan laser atau apa? ternyata memang memotong kulit, tapi tidak memotong otot, sehingga tidak perlu proses recovery yang lama. Dia sudah melakukan operasi ini ribuan kali, dan operasi ini adalah operasi kecil. Setelah operasi, anak akan bisa berjalan, berlari dan melakukan aktifitas seperti biasa, bahkan tidak perlu istirahat/bed rest dan luka kulitnya akan tertutup dengan sendiri dan tidak perlu cabut jahitan.

Sepertinya agak too good too be true isn’t it?

Setelah berdiskusi dengan suami, akhirnya kami memutuskan untuk melakukan operasi tersebut. Berhubung Mount Elisabeth surgery room penuh, kami diberi alternatif untuk melakukan operasi di Mt Alvernia Medical Center, yang terletak di 820 Thompson Road. Rumah sakit ini adalah rumah sakit katolik, sehingga ratenya lebih rendah dibanding Mt Elisabeth.

Yang ajaibnya, hanya 1 persyaratan yang diminta, Fabian tidak boleh makan dan minum dari jam 3 pagi. Tidak ada periksa darah, dan bahkan golongan darah pun tidak ditanyakan. 

Keesokkan harinya, kami datang jam 7.15 di MT Alvernia, sesuai permintaan untuk datang 2 jam sebelum operasi (9.15). Kami langsung melakukan pendaftaran Day surgery di lantai 4. Fabian rupanya sudah punya firasat, dia sangat tidak suka di ruangan itu, dia minta keluar. Setelah selesai dengan pendaftaran, kami diminta masuk ke ruangan yang berisi beberapa ranjang yang disekat dengan kain. Ada sekitar 15 ranjang disana.

Disebelah ranjang kami, ada seorang anak laki-laki sekitar 1 tahun lebih besar dari Fab. yang ternyata, adalah pasien dr Sim dan melakukan operasi yang sama dengan Fab. 

Setelah bermain diranjang (saya membawa beberapa mainan Fab), sekitar jam 9 kami diminta masuk ke ruang operasi. Saya boleh mengantar dia sampai ke dalam. Sebelumnya saya diminta mengganti pakaian dengan pakaian steril yang tersedia, termasuk alas kakinya.  Lalu pada saat menunggu di depan ruang operasi, Fabian ternyata tertidur di gendongan saya. Setelah anak laki-laki di ranjang sebelah keluar dari ruang operasi, orang tuanya diberi penjelasan bahwa operasinya berjalan lancar dan tidak ada masalah. Lalu saya dipersilahkan masuk.

Karena Fabian sedang tertidur lelap, dokter anastesi meminta saya untuk tidak membangunkannya. Fabian langsung diberi gas bius beberapa menit, sampai saya diminta untuk menaruh Fabian diranjang operasi. Saya sempat ragu, apakah dia benar2 sudah terbius, atau hanya tidur nyenyak. Tapi ternyata obat biusnya memang bekerja. Saya langsung diminta keluar dan menunggu didepan.

Saya lalu mencari tempat duduk yang nyaman, dan suami mencari makan di cafe di lantai bawah. Saya berusaha untuk tidur, karena semalam baru tidur jam 2 pagi, tapi ternyata sulit sekali. Rasa khawatir dan cemas meliputi saya. Setelah berdoa, minta perlindungan Tuhan, saya membuka buku 5Mind of the Future karya Gardner yang baru saya beli 2 hari lalu. Baru beberapa lembar dilewati, saya dipanggil untuk masuk ke ruang operasi. Suami saya belum kembali dari cafe, saya agak kaget, takut kalau ada apa2.

Tapi ternyata operasinya sudah berakhir. Berdasarkan informasi dari dr Sim, tidak ada kendala dan berjalan dengan baik. Dokter meminta Fab dibiarkan tertidur sampai beberapa saat, lalu makan yang ringan setelah 1 atau 2 jam.

Kami kembali ke ruangan sebelumnya. Fabian masih tertidur dengan nyenyak. Luka sayatannya ditutupi rapat-rapat dengan plester anti air.  Setelah kurang lebih jam 11 Fabian terbangun. Dia meminta untuk nenen.. Saya memberinya air putih terlebih dahulu, baru kemudian memberinya asi.

Setengah jam kemudian, dia meminta makan. Akhirnya dia makan bubur ikan yang disediakan oleh rumah sakit. Untung Fab mau makan.. rasanya lega sekali, karena setelah itu, benar kata dokter… dia bisa berdiri, berjalan, bahkan berlari..

Sungguh luar biasa.. operasi ini tidak diawali dengan tes darah atau tes lainnya, berlangsung dalam waktu 15 menit. Lalu tidak perlu menunggu kentut untuk bisa makan. Dan yang lebih menakjubkan adalah, Fabian bisa berjalan, berlari, loncat dan beraktifitas seperti biasa. Kami bahkan sempat berjalan-jalan ke orchard road sore harinya.

I really recommend this doctor  C.K.Sim for Hydrocele.  Thank you dr Sim..

33 responses to “Akhir dari Hydrocele Fabian

  1. Buat maminya fabian..bs minta email ato no hp..saya ingin tanya2 langsung mengenai mslh hydrocele ini krn anak saya pun sama dgn fabian..mohon reply nya..thx

  2. hello bole minta no hp atau email buat kita share mslh hydrocele soalnya saya jg punya anak yang sakit penyakit hydrcele dan saya butuh advice nya thx

  3. Stelah saya baca posting ini,.sprtinya byk kesamaan dgn apa yg dialami oleh anak saya,.nama anak saya jg Fabian,.dan dia jg mengalami Hydrocele dibagian kanan,.sy baca posting ini pas stelah saya plg dr RS.Awal Bros Pekanbaru,. Saya ingin tanyakan,.apakah di indonesia ada RS yg bs melakukan oprasi sprt di singapura sana,.? Trimakasih,.

    • Hai, salam kenal..
      kebetulan yang sangat menarik… sampai namanya pun sama.
      Tapi sayangnya saya belum punya informasi mengenai rumah sakit yang serupa yang ada di Indonesia. Bukannya tidak cinta negri sendiri, tapi memang pada saat melakukan operasi di singapore pun, bukan direncanakan. Jadi saya belum pernah survey RS yang memiliki fasilitas operasi hydrocele, baik dalam maupun luar negri. Semoga dapat menemukan yang cocok ya ..

  4. Hi Mama Fabian, salam kenal

    Anak sulung saya usia 6th juga mengalami hal yang sama. Dia juga mengalami hydrocele di bagian kanan. dan kami baru mengetahui 2 tahun yang lalu. Boleh minta no Hp atau e-mailnya ya. Ada banyak yng ingin saya tanyakan, karena kami juga mempunyai rencana untuk membawanya ke Singapore.

    Thanks A lot sebelumnya.

  5. dear mamanya Febian,
    tks untuk infonya, saya mau kirim email ke mba. mohon di balas tks.

  6. Dear mama fabian,
    Bolehkah saya mendapatkan no HP ataupun pin BB mama untuk berdiskusi mengenai hydrocele ini
    Anak saya Ignatius didiagnosa hydrocele, sama seperti fabian. Skg usianya 1,5th.

    Thanks a lot,
    Dewanti

  7. Terima kasih infonya. Sangat membantu. Anak saya juga mengalami hidrokel saat berumur 2.5th. saya sdh email mama fabian utk pertanyaan lbh lanjut

  8. Buat mama fabian selamat y tolong dinfokan brp biayany utk proses operasiny trims

    • Hallo Rian,
      Maaf, baru sempat lihat commentnya. Utk operasi hydrocele ini, saya agak lupa biayanya. Tapi kalau tidak salah kurang lebih SGD 2500 (kalau waktu itu dolar singapore masih 6000an, jadi kurang lebih 15 juta).

      Sepertinya tergantung dari dokter dan lokasi operasi. Mungkin bisa minta perkiraan terlebih dahulu ke customer service rs nya.
      Maaf kalau kurang membantu

  9. Mami fabian.. Salam kenal.. Anak sy 2 thn juga terkena hydrocell.. Dan dr sudah recomend untuk dioperasi.. Tp sy takut.. Dan tdk tega.. Sy mau tanya2 soal operasi ama mami fabian. Kalo bole sy minta nomer telp mami fabian.. Thankss sebelumnya ya mami fabian

  10. Halo mama fabian…kebetulan anak saya jg punya hidrokel dan sudah operasi 3 hari yang lalu tapi kok masih kelihatan bengkak seperti sebelum operasi. Apa memang begitu ya? Saya jadi bingung. Mohon share nya ya mama fabian…

    • Hai juga… Wah, setelah operasi, masih bengkak yah? Kalau fabian, tidak begitu. Setelah operasi langsung hilang, dan tidak pernah muncul lago sampai sekarang dia berumur 6thn.

      Apa mungkin itu hanya air terakhir yang terjebak di dalam? Mungkin tunggu beberapa hari lagi. Kalau masih ada, lebih baik di usg kembali.. Supaya lebih jelas apakah yang ada di dalam benjolannya. Maaf ya kalau saya kurang tahu untuk hal ini..

      • Alhamdulillah ternyata bengkaknya sekarang uda hilang…udah normal kembali. Benar juga mungkin itu cairan yg tersisa.
        Thanks alot mama fabian for sharing🙂

    • dear Mama Wardah,
      boleh tolong share, anaknya dioperasi di RS mana ya?
      saya berdomisili di Jakarta dan anak saya jg didiagnosa hydrocele.
      Thanks yaaa

      Dewanti

  11. untuk mami fabian mohon kirim no hp n email nya yah , karena anak saya jg terkena hidrocele n dlm wktu dekat hrs di operasi mohon info nya yah terimakasih

    • Hai Davi,
      Saya sudah kirim email yah. Semoga anaknya baik2 saja.

      Thank you dah mampir di blogku.

      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

  12. Hi sis, anak saya umur 14 bulan juga di diagnosa mengalami hydrocele. Bisa saya minta email nya untuk bertanya lbh lanjut mengenai treatment di Singapore dan apakah memerlukan checkup lanjutan setelahnya? Terima kasih banyak.

  13. Halo ibu henny,
    Anak saya umur 2 bulan,hidrokelnya makin membesar. Saya mau tanya lebih lanjur soal operasidi singapore, Bisa kasih email atau kontak yang bisa saya hubungi?

  14. Hi fabian’s mommy..thanks for the sharing ya. Btw sy mau tanya, kmrn fabian op hydrocele skalian sama sunat jg gak? Am goin to see dr sim too next week krn my 3 y.o son jg disuspected ada hidrokel.

    Thanks in advance,
    Sylvia

  15. Pagi mama fabian..sy seorang ibu yg tinggal d sebuah kota kecil d jawa tengah. Saat ini sy sedang resah, was2, khawatr, takut etc. Krn br kmrn siang anak laki2 sy yg brumur 6th dvonis dkter terkena hidrokel. Mmg saat msh bayi, buah zakarny tdk sm besarny. Dl sdh prnh konsul k spa, dkasih th untuk d observasi sj. Yg pntig g boleh nangis ngeden. Dan brjalanny wktu, testisny terlihat nrmal,wlupn mmg tdk sm bsr. Tp mlai umur 5thnn mlai trlihat prbedaan yg signifikan,tp yg besar bgian kiri. Kdg trlihat beda,tp kdg g trlihat. Sdh lama pengin konsul k dkter,tp br kmrn ksampaian. Sy lgsg periksa k dkter bdh umum,dan diagnosa dkterny sprti itu, hidrokel,hny dg meraba. Tnpa dsuruh usg dsb. Tp yg sy sayangkn, dokterny spertiny tdk mmpunyai empati. Dg entengny bilang ini hidrokel, tp dh lmyn telat krn max 6 th, ksuburnny bs trganggu, bla2.. Sy shock..
    Minta masukan mama bian yg sdh pengalamn, ap yg sebaikny kami lakukan. Terima ksh..

  16. Mf td salah ketik, max kata dkterny 3th udah harus d operasi. Kmrn sy tdk bnyk bicara, krn sdh shock duluan. Dan knp tdk ad pmeriksaan lnjut, hny draba2 dan lgsug dkasih surat rujukn untuk operasi. Pny anak sy, trlihat sgt brbeda besarny ketika dia lagi g enak badan semisal panas. Untuk kncig dan aktivts lainnya g da keluhn. Dulu pny fabian, gmn, suka trlihat sama atw trlihat beda terus 2 testisny?

  17. lam kenal mom…anak saya tiga tahun baru menjalankan operasi hidrokel 4 hari yang lalu…yang saya agak khawatirkan kok skrotumnya tetap sama…n tidak mengecil…apakah anak mom juga begitu di awal operasi…mohon infonya ya mom…soalnya jadwal controlnya masih 4 hari lg…

    • Hallo Maya Mona, Seingat saya, Scrotumnya dalam bentuk normal setelah operasi. Apa mungkin masih tersisa yah?

      Sent from my iPhone

      >

      • iya mom…begitu hbs operasi memang bentuknya sdh agak mendekati normal…tapi agak membesar kembali…saya benar benar khawatir…semoga saja skrotum segera normal…T_T…

  18. Sore Mama Fabian, aku sdh email ke dearhenny@hotmail.com
    Mau tanya2 ttg hydrocele, thankyou..

  19. Halo mama fabian..

    Boleh ak minta email?
    Ak berencana untuk membawa anaku ke singapore juga untuk hydrocel surgery

Leave a Reply

