Cerita perkembangan Fabian di umur 30 Bulan


Sudah lama rasanya tidak update perkembangan Fabian.. beberapa bulan terakhir, fokus saya tertuju pada proyek implementasi Oracle E-Business Suite di kantor, dan masalah-masalah lainnya.. Alhasil blog pun terhenti untuk beberapa saat..

Perkembangan Fabian sangat pesat. Saya dan suami cukup kaget dengan keahlian-keahlian baru yang Fabian kuasai dalam waktu singkat ini.

Pertama yang paling menakjubkan adalah kemampuan berbicara Fabian. Dia sekarang sudah bisa berbicara dengan kalimat lengkap. Dia bisa meminta sesuatu, menjawab pertanyaan dengan baik sampai bernyanyi beberapa lagu lengkap dari awal hingga akhir. Lagu favoritnya adalah “Twinkle twinkle little star”, “I Love You”, ” ABC”, “If you happy and you know it”, “The Wheel on the bus”, “Insy Winsy Spider”, “Naik Delman”. Terkadang dia kedapatan sedang bernyanyi sambil bermain di sekolahnya.  Bahkan gurunya pun menilai bahwa Fabian sudah memiliki sense of self yang cukup baik. Artinya dia sudah bisa mengemukakan pendapat dan keinginannya melalui bahasa.

Selain itu kemampuan mengingat yang mengesankan. Dia mengingat bahwa kemarin, ada kejadian apa, lalu berusaha menceritakannya kepada orang lain dengan cukup jelas.

Diumurnya yang sudah 2.5 tahun, saya sudah mulai mengenalkan dengan VCD. Dimulai dengan VCD baby einstein (yang langsung ditinggal) lalu mulai ke Finley  the fire engine (dimana dia hanya menyukai satu adegan yang berkisar 3 menit) dan beranjak ke the wheel on the bus (mulai menyukai satu episode yang berkisar 10 menit) dan rekor dipecahkan oleh Barney. Dia bisa stay sampai setengah jam melihat nyanyian dan tarian Barney, Baby bop, BJ dan kawan-kawan lainnya. Sering kali dia ikut bernyanyi, atau bergaya dengan gitar kecilnya atau sekedar memberi tahu ada gambar apa.

Saat ini, dia juga sudah mulai betah bermain untuk beberapa menit tanpa ditemani. Dia bisa melajukan mobil-mobilannya dan berpura-pura memarkirkannya atau turun dari ramp yang dia sebut “wouw…”.

Dia juga mulai menunjukkan ketertarikan secara konsisten terhadap air mancur dan air terjun. Mengitari bundaran HI hanya untuk melihat pancuran air nya sudah menjadi kegiatan mingguan. Belum lagi mengunjungi air mancur di apartement, sudah menjadi kegiatan sehari-hari. Setiap melihat air mancur, dia terlihat begitu senang dan ingin memandangnya. Entah kenapa, tapi mungkin bila sudah besar nanti dia akan menjadi desainer air mancur … I never know.. at least saya sudah pesan, nanti Fab kalau sudah besar, buatin mama air mancur yah.. “yang besar, satu aja  utk mama” begitu katanya.

Satu hal yang membuat saya sangat senang adalah dia mulai bisa dibacakan buku..yeay.. akhirnya.. Kalau diumur-umur sebelumnya dia terlalu aktif, saya senantiasa ditinggal bila sedang membacakan buku untuknya. Sangat sulit untuk mendapatkan perhatiannya. Tidak sedikit buku yang saya beli hanya karena buku yang sebelumnya sepertinya tidak menarik perhatiannya. Tapi minatnya mulai terpupuk ketika saya menemukan buku first experience yang memiliki cerita sesuai pengalamannya sehari-hari seperti pergi kesekolah, ke dokter.

Selain itu, saya mencari buku dengan gambar yang dia suka seperti mobil, truk, barney, pesawat luar angkasa lalu saya mulai mengarang cerita sendiri, bila pada suatu cerita dia menunjukkan ketertarikan, saya mulai mengulang cerita disekitar topik tersebut. Semoga dia menjadi hobby dengan membaca yah..Cerita favoritnya adalah saat pesawat luar angkasa tinggal landas, ada api dibawahnya lalu satu persatu bagian lepas. Dia bisa menceritakan cerita ini kembali kepada papanya🙂

Hal terakhir yang baru saja saya amati adalah dia mulai menunjukkan kemampuan sosialisasinya. Saya sangat terkejut dengan perkembangan ini. Biasanya dia adalah anak yang malu-malu, tidak mau terbuka dengan anak lain, tapi di minggu terakhir ini, dia bisa bergandengan tangan dengan temannya disekolah, atau dengan anak dari sepupu saya, dan bermain bersama serta sharing (walau tidak semuanya dia mau sharing, tapi setidaknya dia bisa melihat sebagian mainannya dimainkan oleh anak lain)..

Leave a Reply

