Televisi, baik atau buruk?


Pernahkah terpikir apa pengaruh televisi terhadap hidup anda?  Pernahkah menghitung berapa lama waktu yang anda pakai untuk terdiam di depan TV, membiarkan mata anda bekerja begitu keras sampai terkadang lupa untuk berkedip?

Saya adalah pengemar televisi, pada saat kuliah dulu, televisi selalu siap menemani di kamar kos pada saat santai sampai pada saat belajar ataupun waktu tidur. Walau tidak selalu dilihat, tapi  suaranya memberikan kenyamanan sehingga dunia tidak terasa sepi.

Saya mengira bahwa televisi adalah sumber hiburan yang paling menarik ditambah dengan kemajuan dibidang entertainment termasuk kreativitas, cerita, sampai teknologi yang dipakai membuatnya menjadi jauh-jauh lebih baik..Tapi apa masalahnya?

Ketika Fabian masuk ke dalam hidup saya, televisi mulai hilang kepamorannya. Hari-hari menjadi begitu sibuk, banyak hal yang tidak saya ketahui mengenai merawat bayi. Televisi pun dikeluarkan dari kamar, hanya karena saya berpikir bahwa televisi akan mengganggu tidur bayi mungil yang masih membutuhkan banyak istirahat.

Lalu saya mulai membaca dan membaca..dan menemukan bahwa televisi, DVD  lebih memberi pengaruh buruk terhadap anak seperti yang saya post di …. Alhasil saya membatasi diri dalam hal menonton TV, agar Fabian juga tidak menonton TV.

Selanjutnya, saya juga merasa bahwa waktu terasa begitu berharga. Sulit sekali menemukan waktu untuk saya sendiri. Pagi hari sudah harus menyiapkan Fab, yang terkadang sulit sekali untuk diminta makan atau mandi. Lalu berangkat kerja, dan kembali kerumah sudah malam. Setelah berhasil menyelinap untuk mandi dan makan malam, waktunya untuk bersama fabian. Menemaninya bermain mobil-mobilan kesukaannya, sepak bola, basket atau sekedar berjalan-jalan di podium atau menonton barney kesukaannya untuk beberapa menit, sambil bernyanyi.  Sampai akhirnya dia tertidur di malam hari, saya pun sudah cukup lelah untuk melakukan hal lain.

Hal ini membuat saya dapat melihat masalah dengan televisi

Pertama adalah candu. Televisi adalah sesuatu yang “addictive”. Bila anda menemukan satu acara menarik, maka anda akan terlena sepanjang acara tersebut. Lalu bila acara tersebut adalah berseri, maka di waktu penanyangan selanjutnya anda akan siap sedia di depannya.  Atau bila itu adalah DVD, berapa banyak waktu yang pakai untuk melihat DVD tersebut.

Kalau dibandingkan dengan kegiatan lain seperti berolah raga, melatih otak, kegiatan seni atau sekedar membaca apakah anda pernah menghabiskan waktu sedemikian banyak? apakah proposi waktu yang diberikan untuk TV sebanding dengan yang diberikan untuk hal lainnya?

Kedua, waktu. Tuhan sangat adil dengan memberi waktu yang sama untuk semua manusia 24 jam sehari, tidak lebih dan tidak kurang. apakah anda sudah memaksimalkan waktu yang anda punya?

Ketiga, kualitas. Pada saat menonton televisi, apakah anda telah melihat apa makna dibalik acara tersebut/telah mengetahui acara yang benar-benar berkualitas, atau anda hanya mengganti2 channel sambil melihat acara yang menarik? Kalau anda perhatikan, susunan acara didasari pada peminat dari penonton. Sayangnya untuk indonesia, yang berkembang adalah sinetron yang nota bene semakin kurang berkualitas atau infotainment. Mengajarkan hal-hal yang tidak sepantasnya untuk anak-anak. 

Kini, hari demi hari saya lalui tanpa televisi dan film. Saya mungkin menjadi orang yang paling tidak update terhadap film atau serial atau hiburan terbaru di TV atau bioskop.

Lalu apa yang menjadi hiburan saya?

Aneh tapi nyata, saya menjadi sangat suka sekali membaca. Semakin banyak membaca, saya semakin ingin membaca lebih banyak. Saya seperti menemukan dunia baru dalam buku. Setiap buku memberikan  pengetahuan baru kepada saya, membuka mata dan pikiran saya terhadap hal yang ada didunia ini. Bukan hanya drama atau action seperti yang menjadi andalan TV atau film.

Cobalah kurangi waktu menonton anda…anda akan heran, begitu banyak waktu yang anda miliki untuk melakukan hal lain yang begitu berguna.. Mau mencoba?

Leave a Reply

