Cerita perkembangan Fabian di umur 32 bulan (2 thn 7 bulan)


Pertama, Fabian sudah dinyatakan lulus ASI 31bulan. So happy that the weaning process has gone very well. Dia sekarang menjadi tambah berisi. Entah pertumbuhan berat yang cukup drastis ini disebabkan oleh pemberhentian ASI, atau karena nafsu makannya yang semakin tinggi, atau karena operasi hydrocelenya?  Tapi yang pasti sekarang fabian memiliki kenaikan berat badan yang cukup signifikan. Sekarang beratnya mencapai 14.5 kg. Padahal beberapa bulan yang lalu, dari 12 ke 13 kilo saja butuh waktu 6 bulan.

Selain itu, Fabian menjadi sangat gampang terkena pilek dan batuk. Pilek yang terakhir ini sudah hampir sebulan setengah dan belum sembuh sampai sekarang. Dia batuk berdahak, dan kadang keluar lewah ingus, tapi dia masih aktif seperti biasanya. Dokter Sanders pun mengatakan bahwa pileknya ini bukan karena infeksi, tenggorokannya ga radang, telinganya pun ok. Dia malah menanyakan mungkin Fabian ada alergi terhadap sesuatu dan kita diminta untuk memperhatikan lebih detail.

Saya sudah berusaha mencari, sampai2 memberhentikan keramas dipagi hari (dgn asumsi takutnya karena dingin pada saat dikeramasin) tapi alhasil dia malah panas dalam dan beberapa hari yang lalu dia mimisan. Oya ttg mimisan, ceritanya juga heboh..soalnya ini baru pertama kali dan terjadi pada saat dia baru bangun. Saya cukup panik, karena dipikir darahnya keluar karena dia mencolok2 hidungnya.  Lalu setelah darahnya berhenti keluar, fabian tetap sekolah. eh tidak lama kemudian ditelp gurunya, karena Fabian mimisan kembali dan minta pulang  sama miss-nya. Tapi untungnya mimisan itu sudah berhenti. Padahal suster saya langsung prepare daun sirih..🙂

Kedua, yang paling berkesan adalah sangat sulit untuk memintanya tidur di malam hari. Bukan karena dia mencari nenen alias ASI, tapi karena dia belum ngantuk dan masih aktif sekali. Saya mencoba membuat ritual tidur dan mengurangi aktifitas yang membuat dia semakin segar di malam hari, tapi tetap saja dia meloncat2, berlari2 dan tetap segar. Hampir setiap hari Fabian tidur jam 12 malam. Saya sampai teler di kantor..walaupun kadang siangnya dia tdk tidur sekalipun. Entah berasal dari mana energynya itu. Kadang dia punya alasan macam2 pada saat persiapan tidur, mulai dari “ma, fafab mau minum”, “ ma, fafab mau pipis”, “ ma, bantalnya hangat, ganti ma” sampai ke “mau minum yogurt”. “mau baca buku lala the koala”

Dampak dari tidur malam ini adalah susahnya membangunkan di pagi hari. Mau dikitik2, dipanggil2, dipasang suara keras, tetap saja pulas. Hua.. agak susah ya.. masa dia bukan tipe morning person🙂

Yang ketiga adalah, dia sudah lancar naik sepeda. Amazingly, dalam waktu 2 minggu, dia sudah lancar mengendarai sepedanya itu *walau masih pake ban kecil dibelakang. Tapi dia berhasil figure out cara mengayuh pedal, pada saat kita sudah frustasi memberitahu kepadanya utk membuat 1 lingkaran penuh. (karena dia hanya membuat 1/2 lingkaran lalu mengayuh ke arah sebaliknya,sehingga sepedanya tidak bergerak sama sekali)

Yang keempat, sekarang Fabian sudah jauh bisa di ajak bicara. Dia bisa mengerti apa yang saya katakan dan kadang dia menceritakan kembali apa yang saya bilang kepada orang lain. Kalimatnya pun semakin panjang dan kompleks. Kadang saya terkejut dengan kemampuannya mengingat kata baru yang baru pertama kali dia dengar.

Dia sedang menjadi fans berat Barney show. Saya sampai hapal hampir semua lagunya, karena seringnya menonton  bersama dia. Fabian pun sangat senang ikut bernyanyi pada saat menonton DVD barney.

Yang terakhir, dia sudah mulai menunjukan minat ke Lego.. dan yes, saya sudah membeli lego yang menurut kardusnya utk 4 thn keatas (karena banyak part yang kecil2). Walau agak sutress melihat harganya.. tapi ini toh salah satu mainan terbaik untuk melatih daya imajinasinya.

Dan untuk mainan yang menjadi favorit adalah Mobil replika dari Tomica. Papanya pun senang mengoleksinya. Sampai sekarang kita sudah punya 24 mobil dan sudah menjadi anggota club tomica di fun city. jadi kalau beli, bisa dapat discount 5% (lumayan lah) Fabian senang sekali membuat ramp atau polisi tidur yang dia bilang dengan sebutan Jugjlek… atau memainkannya di alas bergambar jalan kota dari ELC. Selain itu, Play doh masih juga dimainkan, tapi yang menjadi favorit adalah sepeda dan bermain bola sepak/basket. Sepertinya kemampuan fisiknya memang paling menonjol diantara yang lain. Mungkin dia berbakat menjadi atlit yah?

Kalau urusan makan, sampai sekarang dia masih belum tertarik utk mengunyah.. semua makanannya masih menggunakan kuah. dan menu favoritnya adalah salmon tim. Gimana ga bangkrut yah😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s