Krisis..


“Krisis” kata ini sering kali terdengar setelah jatuhnya perekonomian di Amerika yang dampaknya menyebar ke seluruh dunia. Tapi selama ini, yang dikenal dengan krisis adalah masa dimana uang menjadi sulit untuk didapat. Banyak orang yang kehilangan pekerjaan, perusahaan berusaha untuk bertahan di situasi ekonomi yang sulit.

Tapi sebenarnya krisis adalah salah satu cara yang sangat efektif bagi manusia untuk menemukan potensinya. Mengapa saya mengatakan demikian?

Baru-baru ini, saya baru melewati suatu masa krisis di perusahaan saya bekerja. Sistem baru yang implementasinya sudah direncanakan dengan sematang mungkin, masih ada yang salah perhitungan. Dan membuatnya menjadi masalah besar, adalah titik tersebut terjadi di bagian yang paling krusial bagi perusahaan.

Tim kami berusaha sebisa mungkin memperbaiki agar sistem tersebut dapat mengejar transaksi yang terbengkalai. Setiap pilihan yang ada memberikan dampak yang menyulitkan. Perubahan strategi dalam sistem, memerlukan usaha yang cukup besar dilapangan dan menimbulkan berpotensi membuat kesalahan yang lebih besar. Tapi bila didiamkan, keadaan juga tidak semakim membaik.

Waktu berjalan begitu cepat, kami mencoba memikirkan segala sesuatu dalam kurun waktu yang sangat sempit. Tak terasa 16 jam dilalui dikantor, sambil terus berpikir. Pada saat tidurpun, otak terasa tidak berhenti bekerja. Pagi hari, bangun dengan semangat baru, dengan strategi baru yang sudah dipikirkan semalam. Setelah 5 hari, akhirnya diputuskan untuk melepaskan beberapa konstrain di sistem. Laju transaksi mulai membaik.. krisis pun mulai berlalu.

Pada saat krisis berlangsung, banyak hal yang saya pelajari. Pertama, tubuh saya terasa memiliki energi berlebih, jauh dari hari-hari biasa. Entah dari mana asalnya. Mungkin ini lah yang disebut dengan kekuatan pikiran. Pada saat itu, tekad saya bulat untuk memperbaiki keadaan dan pikiran fokus kepada hasil yang akan dituju. Saya memacu pikiran saya untuk terus berpikir dan berpikir positif.

Kedua, pada saat krisis, saya dapat melihat ‘asli’nya orang ditim saya. Pada saat ini terlihat sekali mana yang memiliki komitment, integritas, emotional intelligence, kemampuan berkerja sama dan membuat keputusan. Jadi cara yang terbaik untuk mengetes leadership seseorang… terjun dalam situasi krisis adalah cara terbaik.

Ketiga, pada saat krisis, company culture baru terasa manfaatnya. Saya beruntung bekerja dalam perusahaanyang sangat solid dan memiliki personel yang selaras dengan budaya perusahaan. Saya melihat banyak sekali yang memberi dukungan baik dari management sampai tingkat operational. Pada saat itu terlihat bagaimana prinsip-prinsip kekeluargaan begitu terasa dan memberi kekuatan kepada kami. Bila setiap personel dalam perusahaan hanya peduli dengan personal objective/performance, pada saat krisis, perusahan tersebut tidak akan bertahan.

Krisis disatu sisi, menuntut pengambilan keputusan dalam waktu yang cepat, disisi lain, perhitungan resiko selalu harus berjalan karena pada saat krisis, tidak boleh ada kesalahan sama sekali. Dengan kata lain, harus seimbang antara kecepatan pengambilan keputusan dan perhitungan resiko.

Komunikasi sangat krusial pada saat krisis. Kemudahan untuk menghubungi anggota tim lain menjadi satu syarat utama, karena data akurat dari seluruh tim sangat diperlukan dalam pengambilan keputusan. Saya ingat sekali, Handphone dan charger selalu ada di saku celana, dan menjadi senjata utama saya pada masa krisis tersebut. (oya, ini juga termasuk memilih provider selular yang selalu online)

Informasi juga harus merata ditim krisis, terutama pada personel yang akan membuat keputusan. Tanpa ini, keadaan akan semakin kacau dan anggota tim akan semakin bingung.

Terakhir.. saya sangat membutuhkan papan tulis dan spidol.. Ini adalah alat utama yang penting utk brainstorm sesama tim dan menulis to do. Tanpa alat ini, ada saja yang terlupa atau terlewat…

Leave a Reply

