pendapatku tentang leadership


Kalau berpikir leadarship adalah ilmu untuk memimpin orang dan menarik orang utk melakukan hal yg sesuai dgn tujuan yg ingin dia capai, sepertinya belumlah lengkap.

Banyak buku, teori, artikel yang memberikan tips and trik menjadi leader yg baik. Ada yg bahkan memberikan analisa berdasarkan contoh2 pemimpin perusahaan yg sukses dan berkilau di bidangnya.

Tapi itu semua, tidak bisa secara gamblang ditiru dan dicontoh atau bahkan dipelajari oleh semua orang.

Saya adalah salah satu yang berusaha utk mengerti mengenai hal ini. Tapi semakin banyak membaca dan refleksi, sepertinya leadership bukanlah seperangkat aturan atau rumus yg bisa dijalankan, lalu hasilnya langsung terlihat.

Yang terpenting justru sebelum dapat menjadi pemimpin, seseorang harus mengenal dirinya terlebih dahulu. Memilih value yang dia percaya hidup dan mati. Dan mengekspresikannya dalam kehidupan sehari2.

Yang membedakan pemimpin yang berhasil atau tidak adalah kemampuan dia mengendalikan dirinya sesuai nilai yang dianutnya dan pilihan nilai yang dipilihnya memang adalah yg benar atau tidak.

Contohnya, sepintar2nya orang, kalau niatnya hanya egoisme thd dirinya sendiri, orang lain akan tahu dan tidak akan dgn tulus mengikuti orang tsb.

Jadi mulailah dari dalam hatimu.. Baru ekspresikan dalam keputusan minor sehari-hari secara konsisten, maka follower akan datang dengan sebdirinya..

2 responses to “pendapatku tentang leadership

  1. sangat setuju dengan tulisan ini… kuncinya HATI… makasih… ^_^

  2. udah berusaha nech jadi contoh buat semua walau tetep ada yg kurang,cuma emang sulit ngebina orang lain tuk jadi baik walau uda di kasih contoh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s