Cara melatih Fabian untuk melakukan rutinitas sehari-hari tanpa di suruh-suruh


Pernahkah mengalami kesulitan dalam meminta anak untuk mandi, atau berganti pakaian, atau kegiatan sehari-hari lainnya? Rasanya cape sekali, karena setiap kali kita meminta anak untuk suatu kegiatan, butuh waktu yang lama, dan kuping yg tahan dengan teriakan.

Itulah pengalaman yg saya alami dengan Fabian yg sudah berumur 3,5thn. Entah kenapa, setiap kali saya meminta dia untuk mandi, makan, bobo, sikat gigi, dll, Fab selalu menolak dan berteriak2.

Setelah saya pelajari, ternyata anak pun sama seperi org dwasa yg merasa tidak nyaman kalau dia disuruh berhenti melakukan sesuatu yg dia sukai. Atau memulai hal yg blm dia antisipasi sebelumnya.

Berikut adalah beberapa cara yg saya terapkan dan terbukti cukup membantu.

Pertama, saya memberi peringatan kepada fabian setiap kali suatu kegiatan akan dimulai. Misal dia sedang main, lalu sudah waktunya mandi. Saya akan mengatakan “Fab, 5menit lagi fab mandi ya”. Lalu dihitung mundur, “4 menit lagi”, “3menit lagi” dst. Dengan demikian, dia tidak kaget lagi dan dengan rela berhenti bermain.

Cara kedua adalah saya membuat jadwal harian yang konsisten yg saya terapkan setiap hari. Saya tidak begitu strict dengan jamnya, yg penting urutannya dan kisaran jamnya tidak terlalu jauh. Misal kadang bobo siang jam 1,n kadang jam 2 atau bisa juga jam 3. Jadi bisa cukup fleksible sesuai dgn keadaan hari itu. Baik saya dan susternya mengikuti jadwal yg sama, sehingga Fab tidak bingung.

Yang ketiga, saya mencoba men-visualisasikan jadwal tersebut untuk fab, dgn harapan dia bisa mengambil inisiatif, kegiatan selanjutnya, sebelum diminta. Cara ini saya tiru dari rooster yg digunakan di sekolah highscope. Supaya lebih jelas, saya menggunakan foto Fabian saat melakukan kegiatan tersebut. Lalu menggunakan panah, yg menunjukkan sekarang adalah waktu utk keg yg ditunjuk.

Yang keempat, saya memadukannya dengan sistem reward. Untuk kegiatan yg sulit diminta, seperti minum susu utk fab, saya memberi reward. Sebelumnya saya memberi penjelasan bahwa sistem ini hanya utk fabian belajar membiasakan diri dan bila fab sudah pintar, maka kita tidak menggunakan cara ini lagi. Rewardnya berupa bintang, yang ketika brjumlah 50, bisa diganti dengan mobil tomica, kesukaannya. Atau 10 untuk yupi, kesukaannya juga. Bintang2 tersebut ditempel di papan bintang Fab. Lumayan, sekalian belajar berhitung.

So far, fab sudah lumayan mengikuti jadwal tersebut. Sekarang, sedikit sekali teriakan fab karena tidak mau mandi, atau makan, dll. So happy!

Rahasia yang terpenting adalah konsistensi. Pada awalnya, kita akan dites, apakah benar2 menegakkan jadwal ini. Saran saya, harus bertahan. Bila tidak, akibatnya cara ini tidak akan pernah berhasil.. Semoga membantu

Leave a Reply

