Cerita perkembangan Fabian-4tahun


Fabian sudah berumur 4 tahun, fisiknya sekarang sudah semakin kurus. Walau beratnya 17.5 kg, dengan tinggi 105 cm, dadanya terlihat seperti papan cuci karena tulang rusuknya terlihat dengan jelas.

Badannya yang padat dan ringan itu juga yang mungkin menyebabkan dia mudah utk menguasai motorik kasarnya. Selain sudah bisa bersepeda roda dua dengan lepas tangan, atau turun dari sepeda ketika sepeda sedang berjalan, dia juga dapat menaikkan scooter roda dua, ezy roller dan sekarang sedang belajar sepatu roda.

Kegiatan favorit lainnya adalah main sepak bola, basket dan bulutangkis (walau masih sering bolongnya).

Hal dua yg menonjol adalah kemampuannya mengingat dan berdebat. Bisa dibilang dia cukup bawel utk anak laki-laki. Dia suka bercerita, dan dibacakan buku. Buku favoritnya sekarang adalah pesawat terbang dan the cars. Kadang dia bisa menceritakan kedua buku itu, tanpa dibaca tentunya🙂

Kalau dalam hal berdebat, dia bisa mengingat perkataan org dewasa lalu dibalikkannya. Misal, dia ingin bermain dengan adiknya Rena diwaktu tidurnya. Saya pernah bilang, “Fab, tadi Rena bangunnya lebih pagi dari Fab, jadi sekarang dia sudah ngantuk, jadi mau bobo duluan”. Lalu beberapa hari kemudian, kebetulan Fabian bangun terlebih dahulu, waktu malamnya dia bilang “ma, tadi kan fabian bangun duluan, jadi rena jangan tidur duluan, tunggu fafab dulu” *gubrak

Mungkin sekarang adalah waktu peralihan dari butuh bobo siang dan tidak. Fabian ngotot tidak mau bobo siang. Kadang walau dipaksa diam di ranjang dengan posisi tidur selama 1 jam pun dia tetap terjaga. Tapi masalahnya kalau tidak tidur siang, dia akan marah2 di sore harinya karena mengantuk. Jadi setiap hari adalah perjuangan utk membuatnya bobo siang. Memang energinya berlebih.

Untuk asupan energi, dia sudah makan makanan dewasa, setelah dipaksa beberapa bulan lamanya. Tapi tetap perlu makanan berkuah. Makanan favoritnya adalah sup salmon, ayam goreng crispy AW (yg ini bisa tanpa kuah), empal, gurame, dendeng bee chieng hang. Selain itu dia suka puding coklat, jelly, permen yupi dan fox, es krim green tea hagen daz, atau strawberrynya walls, kue lapis surabaya, lapis legit, roti cokelat, martabak, es jeruk (hasil perasan sendiri). Tapi itu semua masih disuapin.. Belum ada waktu utk melatihnya makan sendiri..huhuhu butuh kesabaran extra!

Utk motorik halusnya, fabian mengikuti les sakamoto, bukan utk belajar math, malah menulis (memegang pinsil lebih tepatnya). Walau mungkin ada sedikit konsep matematik yg masuk. Lalu dia juga les JMC di yamaha ekalokasari. Karena kegemarannya di music, saya mencoba les ini. Ternyata lumayan melatih motorik halusnya.. Walau dia adalah yang paling berantakan dibanding teman sekelasnya yang total ada 7 org.

Dalam bersosialisasi, Fabian sudah dapat berteman. Teman dekatnya sewaktu di green room (preschool class) adalah Reuben, Malvin dan Ruben. Tapi sayang mereka semua baru berumur 3 thn lebih, jadi skrg di kelas prekindly (pink room), hanya ada 1 teman laki-laki yaitu Kemal. Lainnya adalah perempuan 8 org. Yang paling sering diceritakan Fabian adalah Kemal, Zafira, Erin.

Saya semakin melihat kecerdasan fisik dan auditif/music nya yg semakin menonjol. Tapi sayang, belum menemukan sanggar tari yg pas utk fab. Sepertinya dia akan senang ikut nari.. Hiphop sepertinya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s