Belajar baca utk anak tk: roleplay jd guru dan murid


image

Fabian, sudah resmi masuk kindy di highscope rancamaya. Kelas tk b. Artinya persiapan tes baca utk masuk sd sudah harus dimulai.

Entah benar atau tdk, ketrampilan baca dan tulis sepertinya kurang menarik utk anak laki-laki. Dimana teman2 perempuannya terlihat antusias dg simbol2 aneh yg disebut “huruf”, fab lebih suka permainan fisik dgn kemampuan motorik kasar yg dominan.

Sebenernya bisa aja saya pake cara mudah seperti memasukkan ke tempat les, atau memaksanya mengerjakan worksheet. Tapi saya sangat tidak ingin mematikan kesukaan membaca. Bila dikenalkan dgn cara yg menyebalkan, seumur hidup dia akan membenci membaca. Wah ini jauh lebih jelek akibatnya. Karena membaca adalah kunci utk segala pengetahuan.

Jadi.. Saya cari cara2 kreatif utk membuat dia belajar baca tanpa dipaksa  krn seperti sedang bermain.

salah satu cara yg saya pake adalah dgn roleplay. Fab suka sekali main pura2 sbg penjual makanan. Saya atau papanya jadi customernya.
Melihat ini saya mengubah setting pojokan dirumah, mjd seperti kelas. Fabian yg selalu kompetitif, suka sekali kalau mjd org yg lebih bisa. Jadi role guru menjadi bagian fabian  dan adiknya renata menjadi muridnya.

Fab membacakan kata yg saya tulis dipapan utk adiknya. Lalu meminta adiknya mengikuti. Bila adiknya bisa mengucapkan dgn benar semua, dia memberikan stiker.

Lumayan cara ini seperti sekali mendayung, dua pulau terlampaui. Selain fab mjd lbh confident belajar baca, rena pun belajar bicara.

Yang paling penting, pemilihan katanya harus selektif. Supaya kepercayaan diri fab tetap terjaga..

Semoga cara ini bertahan dan efektif ya

Leave a Reply

