Mengatasi perubahan


“perubahan”, manusia pada dasarnya tidak menyukainya. Baik itu perubahan positif maupun negatif. Otak manusia lebih menyukai hal-hal atau input yang sudah biasa diterima setiap hari.

Di buku Brain rules yang pernah saya baca, dijelaskan bahwa otak memiliki kecenderungan untuk mengefisiensikan kerjanya. Sebisa mungkin melakukan pengolahan data dengan minimal. Bila stimulus yang biasa diterima, otak tidak melakukan processing seberat yang dilakukan pada saat stimulus yang belum pernah diterima. Pada saat ada stimulus baru, otak berusaha untuk mengolah data dan menemukan solusi yang paling optimal untuk keseluruhan tubuh. Sedangkan untuk stimulus yang sudah terbiasa diterima, otak hanya membandingkan dengan memory yang sudah ada, sehingga tidak perlu melakukan proses pengolahan data. Hal ini yang memungkinkan kita melakukan suatu kegiatan secara “autopilot”.

Hal ini juga yang membuat kebiasaan sulit untuk diubah. Otak secara otomatis akan menyuruh tubuh melakukan kebiasaan yang sudah ada dalam memory. Buku the rules of habbit dikatakan untuk merubah kebiasaan, diperlukan perubahan stimulus yang menyebabkan suatu kebiasaan.

Saya rasa, ini pula yang membuat semua orang sangat sulit menerima perubahan. Karena otaknya harus bekerja extra keras setiap kali mendapat stimulus yang berbeda. Mencari pattern yang baru, mencari usaha terkecil yang perlu dikeluarkan oleh keseluruhan tubuh. Menganalisa hasil dari satu tindakan, apakah sesuai yang diinginkan, mencoba tindakan lain dan membandingkan mana yang lebih baik. Proses tersebut terus berulang sampai membentuk kebiasaan baru yang paling optimal.

Kebanyakan dari kita tidak terbiasa dengan perubahan. Hal ini terasa di semua kondisi. Contohnya di tempat kerja, pada saat ada perubahan aturan, atau personel atau cara kerja, lebih banyak karyawan yang mencoba menolak. Bahkan ada satu ilmu change management yang khusus menangani kasus seperti ini.

Hal ini juga yang saya rasakan pada saat perpindahan saya ke kota medan. Semua pola yang ada di otak tidak lagi bisa digunakan. Tempat tinggal yang baru, rutinitas yang baru, teman baru, budaya baru belum ada polanya. Memang membutuhkan energi yang lebih banyak selama periode ini. Untungnya saya termasuk tipe introvert, sehingga tanpa teman, dunia masih nyaman🙂

Beberapa tips yang saya rasa membantu saya selama masa perubahan:
1. Tujuan. Tujuan adalah hal yang mendorong kita untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Tanpa ada tujuan, semua menjadi tidak berarti dan lebih sulit untuk dijalankan. Dengan selalu mengingat tujuan, kita akan tetap temotivasi untuk tetap mencari solusi

2. Kenali emosi dan kendalikan. Pada lingkungan baru, banyak hal yang tidak sesuai ekspektasi. Sangat mudah sekali untuk marah dan emosi sehingga otak tidak lagi dapat berpikir jernih dan pada akhirnya mempengaruhi kegiatan satu hari tersebut. Sebisa mungkin pada saat satu hal buruk terjadi, ambil waktu untuk menenangkan diri dan lanjutkan kembali.

3. Kumpulkan data dan informasi. Sebisa mungkin kumpulkan informasi terkait hal yang akan dihadapi. Banyak info di internet mengenai hampir semua hal. Dengan ada informasi ini, otak sudah mengetahui apa kemungkinan terburuk dan resiko yang bisa dihadapi.

4. “Open mind and observe” mode on. Mind set seperti anak kecil, yang siap mengeksplorasi dan mencoba hal baru membuat proses belajar dan adaptasi menjadi lebih mudah. Di lingkungan atau sistem yg baru, anak kecil lebih mudah menyesuaikan diri dibanding org dewasa, karena mereka menganggap semua hal menarik dan ingin di coba.

Terakhir, tips yang paling penting adalah selalu bersyukur dan tidak menyesali. Semua hal terjadi, memang harus terjadi. Entah itu adalah pelajaran yang perlu kita alami, atau memang ada kejadian selanjutnya yg memerlukan kejadian itu terjadi.

2 responses to “Mengatasi perubahan

  1. Hai hai …how’s the change over there? settle down now already?

  2. Hai do… Kiddos had already comfort with their school. Finally i got several free hours now, finally🙂 i guess i’m used to with changes, this one is not that hard, at least for now. Dunno for several months ahead.

    How the storming process in IAA, hopefully it’s passed quickly.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s